Breaking News
Home / Warta / Politik / Harga Premium Batal Naik, Hasto: Bentuk Perhatian Jokowi ke Rakyat Kecil
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Harga Premium Batal Naik, Hasto: Bentuk Perhatian Jokowi ke Rakyat Kecil

agregasi

 

JAKARTA – Pemerintah memutuskan menunda kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium pada Rabu 11 Oktober 2018 sore.

Menurut Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto, langkah yang diambil Presiden Jokowi tepat. Sebab, BBM jenis Premium bersentuhan langsung dengan hajat hidup orang banyak, terutama masyarakat kecil. Beda dengan Pertamax yang lebih dikonsumsi kalangan menengah ke atas.

“Ini kebijakan yang sangat tepat dan menunjukkan perhatian utama Pak Jokowi pada kepentingan rakyat kecil,” ujar Hasto dalam keterangannya, Kamis (11/10/2018).

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan, pembatalan kenaikan harga Premium senapas dengan watak kepemimpinan Jokowi yang selalu mendengarkan suara rakyat.

Ilustrasi

Sekjen PDIP itu melihat kebijakan energi Pemerintahan Jokowi menunjukkan arah yang tepat, yang ditandai dengan peningkatan kedaulatan Indonesia di bidang energi.

“Ditinjau dari kebijakan bauran energi (energy mix), maka kehadiran pembangkit listrik tenaga air, termasuk mikrohidro, panas bumi; dan pembangkit tenaga listrik Bayu yang untuk pertama kalinya dibangun di Indonesia dengan kapasitas 75 MW, serta kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang terus dikembangkan menjadi bukti menguatnya kedaulatan di bidang energi,” jelasnya.

Hasto menambahkan, kenaikan harga BBM non-subsidi seperti Pertamax dan pembatalan kenaikan harga Premium menunjukkan pentingnya aspek keadilan di dalam pengaturan harga terhadap komoditas yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

“Keputusan pembatalan harga Premium itu menunjukkan bahwa terkait hal strategis, rolenya memang di Presiden, dan rakyat kecil selalu menjadi orientasi kebijakan politik ekonomi Presiden,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menunda kenaikan harga BBM jenis Premium pada sore ini. Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menaikan harga BBM jenis Premium pada pukul 18.00 WIB hari ini.

Adapun besaran kenaikannya adalah sekira 7% dari harga sebelumnya. Artinya BBM jenis Premium akan naik menjadi Rp7000 per liter untuk Jawa Madura dan Bali (Jamali) dan Rp6.900 per liter untuk non-Jamali.

Check Also

Ribuan Pekerja Pertamina Sehari Mengajar Siswa SD dan Beri Bantun Sekolah

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk mendorong pendidikan, ribuan pekerja Pertamina satukan energi dan sebarkan semangat positif ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: