Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Harga Minyak Goreng Diprediksi Ikut Terseret Naik
Ilustrasi

Harga Minyak Goreng Diprediksi Ikut Terseret Naik

MEDAN, WOL – Harga minyak goreng diperkirakan akan menyentuh 11.000 per liter di tingkat konsumen dalam 1 atau 2 hari mendatang. Sejauh ini sejumah distributor telah menaikkan harga jualnya. Sehingga di tingkat pengecer harga minyak goreng bisa naik Rp300 hingga Rp500 per kilogram-nya.

Tren kenaikan harga CPO memang terjadi dalam sepekan terakhir. Meskipun dinilai kenaikan harga minyak goreng ini justru terjadi di saat tekanan terhadap harga CPO masih cukup tinggi.

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, mengungkapkan secara fundamental menilai harga CPO hanya mengalami fluktuasi harga yang biasa saja. Artinya volatilitas pada harga minyak goreng saat ini masih dalam bentuk fluktuasi harga minyak dalam jangka pendek.

“Selama tidak ada kenaikan tajam pada harga CPO, saya pikir tidak ada alasan bagi minyak goreng untuk naik secara tajam,” ungkapnya.

Sejumlah isu yang berkembang memang cukup rasional. Seperti isu produktivitas sawit yang menurun ditambah data kenaikan harga CPO dalam sepekan terkahir yang naik 100 ringgit lebih per ton-nya. “Namun belum ada jaminan bahwa harga CPO akan konsisten naik dalam jangka panjang,” katanya.

Dikatakan Gunawan, jika melihat siklus produksi yang memang mengalami penurunan, maka ada musimnya. Tidak akan bertahan lama.

“Sementara itu, tren perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia ditambah dengan penyerapan CPO yang stagnan, membuat ekspektasi kenaikan harga CPO kecil sekali akan terjadi dalam waktu dekat,” tegasnya.

Walau demikian, kata Gunawan, gejolak kenaikan harga saat ini tidak seharusnya luput dari pantauan pemerintah. Lakukan inspeksi untuk mencari tahu kenapa harga minyak goreng ini mengalami kenaikan. Karena pengalaman menunjukan bahwa disaat harga CPO naik ataupun turun, harga minyak goreng tetap membentuk tren naik,” tutupnya. (wol/eko/data3)

Editor: Agus Utama

Check Also

Hari Ini Mata Uang Rupiah Sentuh 15.000 Per US Dolar

MEDAN, Waspada.co.id – Mata uang rupiah pada hari ini kembali menyentuh level 15.000 per US ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: