Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Harga Cabai Naik, Waspadai Inflasi Sumut
WOL Photo/Eko kurniawan

Harga Cabai Naik, Waspadai Inflasi Sumut

MEDAN, WOL – Tren harga cabai merah belakangan ini bertahan di atas Rp30 ribu/Kg, bahkan dalam sepekan terakhir harga cabai mengalami kenaikan hingga menyentuh level harga Rp40 ribu/Kg.

Kenaikan harga cabai tersebut menurutnya sangat mengkwatirkan. Dalam dua pekan secara konsisten harga cabai naik dari posisi Rp33 ribu/Kg menjadi Rp36 ribu/Kg dan saat ini Rp38 hingga Rp40 ribu/Kg.

“Jika mengacu kepada tren konsumsi masyarakat. Selama dua pekan terakhir tidak ada perayaan atau hari besar khusus yang mendongkrak sisi permintaan. Berdasarkan hasil pemantauan kita, semuanya berjalan normal. Sehingga sisi pasokan yang seharusnya menjadi fokus kita saat ini,” tutur Ekonom Sumut, Gunawan Benjamin, Senin (18/9).

Ada dua faktor, pertama gangguan distribusi dan kedua gangguan produksi. Sejauh ini distribusi berdasarkan pemantauan kita juga masih terlihat tidak bermasalah. Namun gangguan produksi ini yang perlu kita uraikan untuk selanjutnya agar kita bisa melakukan upaya pencegahan harga cabai bisa diturunkan dari posisi harga terakhirnya saat ini.

“Beberapa sentra produksi cabai perlu dilihat apakah masih produktif atau sudah berganti ke tanaman lain atau tengah masuk masa pembibitan. Karena tanaman cabai ini memiliki usia yang pendek, setelah itu harus diganti ke tanaman baru. Kita punya pengalaman buruk di kuartal terakhir tahun 2016 silam. Dan saya pikir hal tersebut seharusnya tidak terulang lagi pada saat ini,” jelasnya.

Jika harga cabai bertahan di level saat ini, maka cabai akan menjadi penyumbang inflasi, dan inflasi di bulan ini akan merealisasikan besaran angka yang cukup signifikan. Jangan sampai Sumut kecolongan lagi karena tidak mampu mengendalikan harga cabai. Di sisi lain, harga bawang merah juga mengalami kenaikan dari posisi Rp24 ribu ke Rp28 ribu saat ini.

“Kita harus waspada terhadap kemungkinan tekanan inflasi tinggi menjelang akhir tahun. Karena di akhir tahun ini masih ada sejumlah perayaan keagamaan yang potensial mendongkrak kenaikan laju tekanan inflasi,” pungkasnya.(wol/eko)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Harga Turun, Mei 2018 Medan Deflasi 0,86 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Penurunan harga beberapa indeks kelompok pengeluaran, Mei 2018 mengalami deflasi 0,86 persen. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: