Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Harga Beras Bisa Terus Ditekan Melalui Operasi Pasar
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumut, Arief Budi Santoso. (WOL Photo)

Harga Beras Bisa Terus Ditekan Melalui Operasi Pasar

MEDAN, WOL – Melalui operasi pasar menjadi salah satu langkah untuk menekan kenaikam harga beras. Demikian hal ini disampaikan Wakil Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara (Sumut) yang juga Kepala BI Sumut, Arief Budi Santoso, Kamis (11/1).

“Bulan Januari 2018 ini data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) harga komoditas sudah cenderung turun. Sementara tahun 2017 cor inflasinya juga ada penekanan yaitu dari nasi dengan lauk. Karena ada kenaikan beras maka nasi dan lauk menjadi naik,” jelasnya.

Desember lalu, harga cabai mengalami penurunan karena dilakukan operasi pasar yang dilakukan oleh Bulog dengan Pemko Medan dan Disperindag.

“Saat ini di tahun 2018 di bulan Januari komoditas yang lain turun tetapi harga beras cenderung tinggi dan cenderung naik. Bulog bersama Disperindag dan juga bekerjasama dengan Pemerintah daerah dan tentunya juga dengan TPID melakukan operasi pasar. Operasi pasar dilakukan di seluruh Sumut dengan harapan harga beras turun,” terang Budi.

Karena data yang diperoleh pada Desember kenaikan harga berasa cenderung kecil, tetapi bobot beras bagi masyarakat Sumut cukup besar yaitu 50 persen bobotnya.

“Dan ternyata bobot masyarakat Sumut mengonsumsi beras hampir 50 persen. Jadi biaya penerimaan kita 50 persen untuk membeli beras, sehingga kita berharap pengendalian harga beras bisa terkendali dan stabil,” pungkasnya.(wol/eko/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Investasi Teknologi Potensi Tingkatkan Daya Saing Usaha

MEDAN, Waspada.co.id – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia memandang investasi teknologi sebagai salah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: