Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Harga Ayam Ras Pengaruhi Inflasi Sumut
WOL Photo/eko kurniawan

Harga Ayam Ras Pengaruhi Inflasi Sumut

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik ( BPS) wilayah I Sumatera Utara catat harga ayam ras memberikan pengaruh terhadap Inflasi Sumut pada Juli 2018.

Inflasi sebesar 0,48 persen didorong terjadinya inflasi di empat kota yang dijadikan indeks harga konsumen atau IHK akibat antara lain lonjakan harga ayam ras.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Bismark SP Sitinjak, mengatakan Kota Medan inflasi sebesar 0,49 persen, Pematangsiantar 0,35 persen, Sibolga 0,62 persen dan Padangsidempuan 0,53 persen.

“Inflasi di Sumut terjadi antara lain akibat naiknya harga daging ayam ras, cabai merah, beras, dan bahan bakar minyak,” tuturnya, (1/8).

Untuk di Medan harga daging ayam ras naik 17,75 persen, cabai merah naik 8,98 persen dan beras meningkat 1,56 persen.

“Walau di Juli ada penurunan harga berbagai komoditas seperti bawang merah dan termasuk tarif angkutan udara, kenaikan harga daging ayam ras dan lainnya masih mendorong inflasi di Sumut,” ungkapnya.

Ia menambahkan dengan inflasinya Sumut di Juli sebesar 0,48 persen, maka inflasi kumulatif di 2018 menjadi 0,21 persen dan secara ‘year on year’ sebesar 3,60 persen,” ujar Bismark.

Sementara menurut Pengamat ekonomi Sumut, Wahyu Ario Pratomo bahwa inflasi diperkirakan masih akan naik di Agustus dengan masih terjadinya kenaikan harga telur dan ayam ras.

“Operasi Pasar) telur yang direncanakan dalam pekan ini dinilai bagus agar inflasi tidak mengalami lonjakan yang terlalu tinggi, jadi ada angka penurunan untuk perkiraan bulan depan,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

BPS Catat Juli 2018, Medan Alami Inflasi 0,01 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Wilayah Sumatera Utara mencatat Kota Medan pada bulan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: