Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Hakim Merry Purba dan Panitera Pengganti PN Medan Segera Jalani Sidang
Mantan hakim adhoc tipikor Merry Purba. (Foto: Arie Dwi Satrio/Okezone)

Hakim Merry Purba dan Panitera Pengganti PN Medan Segera Jalani Sidang

JAKARTA – Mantan Hakim Ad‎ Hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Medan, Merry Purba (MP); dan panitera penggantinya, Helpandi (H); segera menjalani sidang. ‎Berkas penyidikan kedua tersangka kasus dugaan suap pemulusan putusan perkara pada Pengadilan Tipikor Medan tersebut dinyatakan telah lengkap dan sudah dilimpahkan ke tahap penuntutan pada hari ini.

“Penyidikan terhadap MP dan H dalam kasus dugaan suap terhadap Hakim PN Medan telah selesai. Hari ini penyidik menyerahkan tersangka dan berkas perkara ke Penuntut Umum (Tahap 2),” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (26/12/2018).

Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK mempunyai waktu 14 hari masa kerja untuk menyusun surat dakwaan terhadap keduanya. “Persidangan direncanakan akan dilakukan di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat,” jelas Febri.

Merry Purba sendiri diduga menerima suap sebesar 280 dolar Singapura dari pengusaha Tamin Sukardi dalam dua kali tahapan.‎ Pemberian suap dilakukan melalui perantara yakni antara Panitera Pengganti Helpandi dengan orang kepercayaan Tamin yakni Hadi Setiawan.

Pemberian suap itu diduga untuk memengaruhi putusan perkara tipikor nomor perkara 33/Pid.sus/TPk/2018/PN.Mdn dengan terdakwa pengusaha Tamin Sukardi.

Dalam putusan majelis hakim yang dibacakan pada 27 Agustus 2018, Tamin Sukardi divonis pidana enam tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan serta uang pengganti Rp132 miliar.

Dalam putusan tersebut, Hakim Merry Purba menyatakan dissenting opinion (DO) alias berbeda pandangan.‎ Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yakni 10 tahun pidana penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan dan uang pengganti Rp132 miliar. ‎‎

Check Also

KPK Menduga Jual Beli Jabatan Kemenag Tak Hanya di Jatim

JAKARTA, Waspada.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) Laode M Syarif mengungkapkan pihaknya mengendus adanya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: