Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan: Petani Kita Punya 3 Kelemahan Utama
Istimewa
Istimewa

Gus Irawan: Petani Kita Punya 3 Kelemahan Utama

MEDAN, WOL – Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut Gus Irawan Pasaribu mengungkapkan kalangan petani saat ini mempunya tiga kelemahan utama yang harus dicari solusi secepatnya.

Dia mengungkapkan hal itu kepada wartawan di Medan, Senin (17/7) kemarin. Menurutnya, selama jadi bankir serapan tentang kelemahan petani ini sudah diakumulasi. “Saya lama di perbankan. Kemudian saya fahami apa saja yang menjadi titik lemah petani kita di Sumatera Utara ini. Bahkan sepertinya jadi kelemahan petani di Indonesia,” ujar Gus.

Kelemahan petani itu merupakan 3L, jelas Gus Irawan yang juga Ketua Komisi VII DPR-RI. “Pertama lemah keterampilan. Artinya sedikit sekali yang berinisiatif untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi secara berkesinambungan. Kedua lemah dalam akses modal. Artinya mereka menjadi orang yang sangat sulit memasuki sumber pembiayaan untuk permodalan,” jelasnya.

Ketiga, kata Gus, lemah dalam bidang pemasaran. “Para petani kita biasanya memiliki hasil produksi namun mereka tidak tahu kemana harus dipasarkan. Atas kondisi itulah saya tergerak untuk mengatasi dan memberdayakan masyarakat sekitar melalui hidro tani sejahtera di Sei Mencirim yang kami bangun di atas lahan seluas 2 hektar atau 1.500 meter persegi,” tuturnya.

Gus Irawan Pasaribu mengatakan saat ini programnya adalah berupaya mengembangkan dan memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan sekecil apa pun untuk hidroponik. “Peluangnya sangat besar saya kira. Maka kami di tim hidro tani sejahtera sudah berusaha untuk menggandeng masyarakat setempat agar kelak bisa mengembangkan tanaman sayur masing-masing,” kata dia.

Polanya dengan memanfaatkan lahan tidur di wilayah masing-masing, katanya. Gus mengatakan ketua umum HKTI Prabowo Subianto sudah mencanangkan gerakan memanfaatkan lahan tidur di seluruh Indonesia oleh kader HKTI. “Ini juga yang kita jalankan di Sumut. Jadi nanti di tahap awal kita akan melakukan pelatihan keterampilan kepada masyarakat untuk mengembangkan hidroponik. Di padepokan Garudayaksa atau tepatnya di lahan hidro tani sejahtera kita siapkan semua tempat dan perangkat,” jelasnya.

Rencananya akan dimulai bulan depan sesuai kesepakatan dengan penanggungjawab kebun hidroponik Adi Haris Siregar, tutur Gus. “Mulai bulan depan kita rekrut warga sekitar dulu untuk pelatihan. Artinya masalah L yang pertama tentang kelemahan di keterampilan kita selesaikan,” tambahnya.

Check Also

Gus Irawan Pasaribu, Ketua Komisi VII DPR-RI saat menyerahkan bantuan motor sampah pada warga di Mandailing Natal. (WOL Photo/Ist)

Kunjungi Dapil, Gus Serahkan Motor Sampah dan Tinjau IPAL Purba Baru

MEDAN, WOL – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengunjungi sebagian besar daerah ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.