Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan Pastikan Pertamina, PLN, PGN Sudah Antisipasi Ketersediaan Energi Selama Lebaran
WOL Photo/Ist

Gus Irawan Pastikan Pertamina, PLN, PGN Sudah Antisipasi Ketersediaan Energi Selama Lebaran

PALEMBANG, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menilai meski masih ada beberapa catatan, namun secara keseluruhan persiapan yang dilakukan beberapa mitra kerjanya seperti Pertamina, PLN, dan PGN dalam menghadapi Idul Fitri sudah cukup baik.

Hal tersebut diungkapkannya usai meninjau Terminal BBM Kertapati MOR (Marketing operation regional) II Sumatera Bagian Selatan, Palembang, Selasa (5/6) kemarin.

“Sebagaimana diketahui Ramadhan dan menjelang Idul Fitri terjadi peningkatan aktivitas di masyarakat, diantaranya penggunaan elpiji 3 kg, penggunaan listrik rumah tangga, serta kebutuhan BBM (bahan bakar minyak) untuk keperluan mudik. Menghadapi hal itu tentu dibutuhkan persiapan matang dari berbagai BUMN yang notabene sebagai mitra kerja kami,” jelas Gus Irawan.

“Setelah mendengar pemaparan dan meninjau langsung stok BBM di Pertamina, kami menilai sudah cukup baik persiapan yang dilakukan Pertamina, PLN maupun PGN. Dengan kata lain saya optimis semua akan berjalan dengan baik,” tambahnya.

Namun demikian Wakil Ketua Fraksi Gerindra di DPR-RI itu menyatakan ada beberapa catatan yang tetap harus diperbaiki, salah satunya adalah masih terjadinya kelangkaan premium, terutama di wilayah Jamali (Jawa, Madura, dan Bali). Sebagaimana diketahui sebelumnya Pertamina menerima penugasan dari pemerintah untuk wilayah di luar Jamali.

Namun belakangan, kata Gus Irawan yang juga Ketua DPD Gerindra Sumut itu, ada penugasan baru untuk premium dari pemerintah ke Pertamina yakni sekitar 4,3 kl untuk wilayah Jamali. Seharusnya menurut Gus Irawan, hal itu akan membuat kondisi lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun mengingat alokasi premium juga sangat terbatas, maka politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini memprediksi kelangkaan premium masih akan terjadi.

“Sementara gas elpiji 3 Kg, meski pasokannya sesuai kuota, namun secara keseluruhan stok yang ada terbilang cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Idul Fitri.”

Dari PLN, dia meyakini ada surplus daya listrik, tapi potensi pemadaman tetap masih akan terjadi. “Pasalnya, ada tiga titik krusial di pemadaman, pertama daya yang kurang, dalam hal ini Sumatera bagian selatan terbilang surplus, namun masih ada hal lain yang bisa menyebabkan pemadaman listrik diantaranya cuaca atau iklim, serta adanya jaringan yang rusak akibat tersambar petir dan sebagainya.”

Meski demikian Gus Irawan yang didampingi beberapa anggota Komisi VII lainnya seperti Kurtubi, Nazaruddin Kiemas, Yulian Gunhar, Melda Addriyani, Ari Yusnita, dan Ferry Kase ini mengapresiasi PLN yang bersikap cepat tanggap atau responsif jika ada permasalahan listrik di masyarakat. (wol/ags/min/data1)
Editor: Agus Utama

Check Also

Gus Irawan: Pemerintah Hobi Tabrak Aturan

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Ketua Fraksi Gerindra DPR-RI Gus Irawan Pasaribu menyatakan saat ini tensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: