_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan Khawatirkan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran
WOL Photo/Ist

Gus Irawan Khawatirkan Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu yang saat ini lebih banyak berada di Medan mengkhawatirkan akan terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang lebaran.

“Ini sesuatu yang rutin dan selalu datang. Membebani masyarakat dan membuat daya beli lemah,” jelasnya kepada wartawan di Medan, belum lama ini. Dia mengatakan inflasi juga akan selalu tinggi pada hari besar keagamaan.

“Di balik itu saya kira Ramadhan dan Idul Fitri kali ini masyarakat kian tertekan. Secara ekonomi harga dan stok bahan pangan naik. Di sisi lain, situasi politik juga begitu merugikan masyarakat banyak. Mereka merasa dicurangi dengan hasil pilpres. Sehingga masalah ekonomi dan politik ini menjadi berbaur,” tuturnya.

Begitupun dia mengharapkan agar instansi terkait segera turun tangan memantau harga di pasar. Memang, menurut dia, Perum Bulog sudah mengatakan stok pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Namun, beberapa komoditi pangan masih mengalami kenaikan harga, sehingga menurunkan daya beli masyarakat.

Bulog sudah menyampaikan, stok pangan yang dimililki saat ini cukup menjelang lebaran, namun ada beberapa yang masih mengalami kenaikan harga sehingga mereka sebenarnya masih perlu melakukan operasi pasar untuk menurunkannya, kata dia.

Gus Irawan mengaku prihatin jika harga bahan pokok terutama beras nantinya naik. Ini kan, Bulog sudah melakukan ekspor karena melimpahnya stok beras dalam negeri. meski secara harga dan kualitas beras nasional masih kalah daripada beras impor

Dia menyatakan langkah tersebut bagus karena meningkatnya ekspor beras, sehingga dapat menyerap stok beras petani dalam negeri. Meski begitu, kata dia, harus diingatkan untuk tetap menjaga ketahanan pangan nasional.

“Langkah tersebut baik. Tapi tolong dijaga benar persediaan dalam negeri agar tidak terjadi lonjakan harga terutama menjelang Idul Fitri dan di tengah masyarakat yang sekarang begitu sensitive terhadap situasi potitik,” tegasnya. (wol/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Sebut Sampah Plastik Indonesia Kedua Terbesar Dunia

JAKARTA, Waspada.co.id – Indonesia saat ini tercatat sebagai negara penyumbang limbah plastik terbesar kedua di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: