Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan: Kerjasama Migas Iran Pasar Potensial
foto: Istimewa

Gus Irawan: Kerjasama Migas Iran Pasar Potensial

MEDAN, WOL – Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, mengatakan seperti yang sudah pernah diinformasikan bahwa Indonesia misalnya saat ini sudah menjalin kerja sama dengan Iran termasuk di bidang migas (minyak dan gas bumi).

Salah satunya dengan pembelian elpiji dan gas dari Iran. Begitupun dengan perusahaan-perusahaan Indonesia yang akan masuk ke Iran dengan total transaksi tidak lebih dari 300 juta dolar. “Namun sebenarnya hal tersebut bisa lebih  ditingkatkan lagi karena potensinya bisa lebih dari 2-3 miliar dolar AS per tahunnya,” jelasnya usai melakukan kunjungan ke Riau, belum lama ini.

Dalam kunjungan bersama Menko Perekonomian serta Menteri ESDM (energi dan sumber daya mineral) ke Iran beberapa waktu lalu, sempat dikatakan bahwa Iran merupakan pasar baru, pasar yang cukup potensial bagi Indonesia.

Sayangnya, kata dia, hal tersebut belum dilaksanakan seutuhnya oleh pemerintah Indonesia. Presiden masih khawatir dengan sanksi ekonomi yang diberikan Amerika Serikat terhadap Iran. Sehingga seluruh transaksi ke Iran, terlebih dahulu harus melalui Dubai atau Turki.

Sedikit berbeda dengan negara tetangga Indonesia yakni Malaysia dan Thailand. Transaksi bisnis kedua negara tetangga Indonesia itu dengan Iran jauh di atas Indonesia. Bahkan kedua negara tersebut sudah mampu membuka direct flight (penerbangan langsung) dari negaranya ke Teheran (Iran). Sementara Indonesia belum ada penerbangan langsung ke Iran.

Delegasi Parlemen Iran yang dipimpin Mahmoud Sadeghi saat bertemu Komisi VII DPR-RI juga berharap agar Indonesia mau meningkatkan hubungan kerja sama dengan negaranya. Tidak hanya di sektor migas, melainkan juga di sektor pariwisata. Salah satunya dengan membuka penerbangan langsung dari Indonesia ke Teheran. (wol/ags/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pemerintah Disarankan Subsidi Pertamax

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu menyarankan pemerintah mengalokasikan anggaran ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: