Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan: Keluarga Harapan Bertambah Bukti Kemiskinan Naik
WOL Photo/Ist
WOL Photo/Ist

Gus Irawan: Keluarga Harapan Bertambah Bukti Kemiskinan Naik

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan sekarang pemerintah kian banyak mengeluarkan program yang sifatnya bantuan langsung tunai.

“Di zaman pemerintahan terdahulu, BLT ini banyak dikritik. Karena tidak tepat sasaran dan penuh intrik, Nah sekarang Kemensos mengusulkan jumlah penerima bantuan keluarga harapan di Indonesia bertambah jadi 15 juta tahun depan. Itu berarti kemiskinan naik.”

Dia mengungkapkan itu kepada wartawan di Medan, Jumat (11/4). “Dulu waktu BLT, penggunaannya tak diketahui setelah penerima mendapatkan dananya. Tokh di periode sekarang pun program tersebut tetap berlaku. Tentu dengan nama baru. Namanya keluarga harapan. Teknisnya tidak lagi ada antrian di kantor pos untuk masyarakat miskin tapi langsung memanfaatkan rekening di bank.”

“Jadi masyarakat penerima yang disebut keluarga harapan ini sebenarnya masuk dalam kriteria miskin. Tentu berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Sosial. Saat ini dana yang jumlahnya Rp1.890.000 per keluarga tersebut diterima oleh 10 juta keluarga di Indonesia,” tuturnya.

“Dana tersebut sudah cair mulai Februari lalu. Dan tahun depan Kemensos sudah mengusulkan bahwa jumlah penerimanya naik menjadi 15 juta keluarga sesuai kemampuan fiskal pemerintah. Saya sebenarnya bingung juga melihat pola bantuan ini. Di satu sisi pemerintah menyatakan mampu menekan angka kemiskinan,” kata dia.

Tapi di sisi lain, kata Gus Irawan, jumlah penerima bantuan bertambah. “Artinya jumlah penduduk miskin pasti bertambah jika yang menerima bantuan sosial ikut naik. Dimana loginya angka kemiskinan turun tapi penerima dana bantuan malah kian tinggi. Bahkan pemberian tambahan jumlah keluarga dilakukan pada tahun depan.”

“Bukankah 2019 tahun politik. Artinya penyaluran dana ini rawan dimanfaatkan untuk tujuan politis. Memang seperti biasa, jika ada banyak bantuan bergulir dari pemerintah, atau tiba-tiba para pejabat sangat peduli dengan rakyat tandanya akan ada pemilihan umum dalam waktu dekat,” jelasnya. (wol/ags/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

WOL Photo/Ist

Komisi VII Klaim Temukan Banyak Tambang Minyak Ilegal

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi VII DPR RI mengakui banyak menemukan tambang minyak illegal persis seperti ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.