Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gus Irawan Ingatkan Konsumsi Selama Ramadhan Tidak Berlebihan
WOL Photo/Ist

Gus Irawan Ingatkan Konsumsi Selama Ramadhan Tidak Berlebihan

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua DPD Gerindra Sumut Gus Irawan Pasaribu mengingatkan agar masyarakat memaknai hakikat Ramadhan sebagai upaya menahan diri dari sisi konsumerisme.

Dia mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Kamis (24/5), terkait dengan aktivitas konsumsi masyarakat sepanjang Ramadhan yang biasanya meningkat tinggi.

“Kita sering dengar imbauan, dorongan bahkan larangan lewat kajian agar masyarakat meningkatkan aktivitas sosialnya dan mengurangi konsumsi. Walaupun pada praktiknya memang sangat sulit dilaksanakan,” ujar Gus.

Menurutnya, ketika hari pertama berbuka puasa saja, masyarakat kita masih terbiasa mengkonsumsi banyak jenis makanan.

“Bahkan pengeluaran rumah tangga cenderung meningkat sepanjang bulan ini. Padahal sebenarnya ibadah puasa menahan dari berbagai sifat duniawi dan mengedepankan ibadah. Bukankah puasa itu juga untuk memberi pemahaman bagi kita bagaimana susahnya penduduk miskin menahan lapar dan haus di hari biasa,” katanya.

Menurutnya, warga miskin bahkan sering harus berpuasa karena ketiadaan bahan makanan. Maka imbauan menahan diri di bulan puasa seyogyanya sebagai upaya mendorong kepekaan sosial kepada mereka yang miskin, kata Gus yang juga wakil ketua Fraksi Gerindra di DPR RI.

“Di satu sisi, menahan konsumsi dan menghindarkan pola hidup konsumerisme adalah ruh puasa selain meningkatkan ibadah lainnya. Sebab Ramadhan menjadi bulan yang istimewa. Namun jarang sekali imbauan dan keinginan untuk menahan sifat konsumerisme itu benar-benar dimaknai,” ucapnya.

“Bahkan sampai Idul Fitri nanti. Sampai tunjangan hari raya ikut habis dibelanjakan selama Ramadhan hingga bulan Syawal nanti. Padahal ajaran agama menganjurkan agar kita menahan konsumsi,” imbuhnya.

Memang, kata dia, salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi adalah sektor konsumsi tapi bila Ramadhan datang harusnya menahan diri untuk hal yang berlebih-lebihan sekaligus memaknai kehidupan warga miskin. (wol/ags/min/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Komisi VII Wacanakan Penjualan BBM Kemasan

MEDAN, Waspada.co.id – Komisi VII DPR RI yang membidangi energi dan lingkungan hidup mewacanakan untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: