_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / GrabExpress – BEKRAF Hadirkan Fitur Khusus dan Latih 400 Wirausahawan Mikro
foto: istimewa

GrabExpress – BEKRAF Hadirkan Fitur Khusus dan Latih 400 Wirausahawan Mikro

Waspada.co.id – President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menjelaskan jumlah pertumbuhan UMKM diprediksi akan terus meningkat setiap tahunnya dan mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mumpuni untuk dapat berkompetisi dengan baik.

“Sebagai everyday superapp terkemuka di Indonesia, Grab ingin membantu wirausahawan mikro untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dengan menciptakan kesempatan ekonomi dan memampukan akses terhadap berbagai layanan yang memiliki kualitas tinggi, namun juga aman,” ujarnya.

“Kerja sama dengan BEKRAF ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan UMKM di Indonesia,” ungkap Ridzki.

Guna memberikan kemudahan proses logistik, GrabExpress memperkenalkan 5 fitur yang khusus dirancang untuk UMKM Indonesia, yaitu:

– Pengiriman Antar Kota di Pulau Jawa dengan Ninja Xpress: Kerjasama Grab dengan Ninja Xpress untuk pengiriman barang antar kota, di Pulau Jawa. Pengirim juga dapat memilih waktu penjemputan dan akan dapat memonitor proses pengiriman barang! Barang akan langsung diambil oleh kurir di lokasi Anda. Fitur ini kini baru tersedia bagi pengguna di Jabodetabek.

– Langganan Paket Hemat: Para pengguna GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur paket hemat saat ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

-Pengiriman Instan dan Same-Day: Armada GrabCar dapat membantu pengiriman barang dengan berat maksimal 150 kg dan GrabBike seberat 15 kg. Pengiriman instan dapat menjamin bahwa paket pengguna akan tiba dalam waktu kurang dari 3 jam setelah waktu pengambilan. Sementara itu, khusus di Jakarta tersedia fitur same-day dimana pengguna bisa mengirim barang dengan lebih hemat dan sampai di hari yang sama.

– Bukti Pengiriman & Pelacakan Langsung: Dengan fitur ini pengguna dapat memantau proses pengiriman melalui pelacakan lokasi kurir. Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil kurir pada saat pengambilan dan penerimaan barang. Grab juga menyediakan asuransi untuk barang yang dikirimkan.

– Kirim ke Banyak Tujuan & Banyak Pemesanan Sekaligus: Fitur Kirim ke Banyak Tujuan pada aplikasi GrabExpress dapat membantu proses pengiriman hingga ke 5 alamat dalam 1 pesanan. Fitur ini saat ini tersedia di kota Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Sementara, fitur Pesan Banyak Sekaligusmengizinkan pengguna untuk memesan hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu yang bersamaan. Dengan kedua fitur ini, pengguna bisa melakukan pengiriman hingga ke 50 alamat berbeda!

Dalam acara ini, Head of Agency at Facebook, Haswar Hafid, juga berbagi tips tentang cara memaksimalkan berbagai fitur media sosial. Ilmu pemasaran visual produk juga dibagikan oleh Fauzie Helmy, fotografer yang juga merupakan Fujifilm X Team.

Dua wirausahawan yang telah memanfaatkan fitur GrabExpress menceritakan kisah mereka dalam acara ini. Yasa Singgih, pemilik usaha bidang mode bernama Men’s Republic, menjelaskan, kecepatan dalam hal pengiriman barang sangatlah penting untuk para pelanggan. Dengan pengiriman instan yang tersedia di GrabExpress.

“Saya dapat memberikan kepastian pada pelanggan saya bahwa barang pesanan akan sampai di pintu rumah mereka hanya dalam 3 jam saja dan dengan fitur live tracking dan bukti pengiriman barang, saya juga merasa lebih aman,”ungkapnya lagi.

Demikian juga dengan Jessica Yamada, co-founder dari layanan katering sehat Dapurfit, mengungkapkan semakin besar bisnisnya, semakin sulit juga mengatur proses pengiriman pesanan dengan karyawan yang terbatas. “Fitur multi-destination dari GrabExpress sangat berguna dalam membantu saya dan tim saya mengirim barang dengan lebih mudah dan lebih cepat saat mengelola puluhan pesanan dalam sehari,” ujarnya.

Untuk mendorong pertumbuhan wirausahawan mikro di Indonesia, sejak 2018, GrabExpress telah melakukan berbagai pelatihan pemasaran digital dan fotografi untuk lebih dari 1.000 wirausahawan mikro di Jabodetabek, Aceh, Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, dan kota lainnya.

Selain itu, GrabExpress juga telah memberikan modal usaha untuk wirausahawan mikro terpilih melalui program #TambahSuksesDenganGrabExpress dan menghadirkan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan bisnis mereka melalui pelatihan dan berbagi ilmu dengan para pakar.

Layanan GrabExpress saat ini tersedia di 150 kota di Indonesia. Jumlah pengiriman harian menggunakan GrabExpress meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam satu tahun terakhir, dimana lebih dari 50% pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro. Dengan armada GrabBike dengan jumlah terbanyak di Indonesia, lebih dari 90%pemesanan GrabExpress dalam satu tahun terakhir dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang dijanjikan. Saat ini GrabExpress juga telah menjadi mitra pengiriman bagi e-Commerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee dan juga jaringan kopi, Fore. (wol/id/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Wagub Imbau Seluruh Daerah Gelar Expo

TEBINGTINGGI, Waspada.co.id – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, mengapresiasi pelaksanaan Tebingtinggi Expo 2019. Diharapkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.