Home / Fokus Redaksi / Google Ajak Media Pahami Verifikasi Berita
WOL Photo/Ega Ibra

Google Ajak Media Pahami Verifikasi Berita

JAKARTA, WOL – Perkembangan media saat ini menjadi salah satu bukti bahwa kebutuhan masyarakat terhadap informasi begitu amat penting.

Tentunya kebutuhan tersebut harus diimbangi dengan penyampaian informasi berita yang akurat dan nyata dari media tersebut. Terutama bagi media online yang saat ini terus semakin pesat berkembang dan aplikasinya yang sangat banyak digunakan oleh sebagian masyarakat.

Melihat perkembangan tersebut, Google Indonesia mengajak para media agar memahami tentang verifikasi berita atau strategi dalam melawan hoax dan klaim palsu yang saat ini meningkat pesat, terutama pada media online. Demikian dikatakan News Lab Lead APAC at Google, Irene Jay Liu, pada pelatihan Google News Lab VOL.2 di The Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Jumat (5/5).

“Saat ini, kita ketahui bersama bahwa organisasi-organisasi berita dan para pengusaha media telah banyak menciptakan cara baru untuk menemukan, membuat serta mendistribusikan konten-konten berita. Kami di sini hadir untuk menyediakan seluruh perangkat, data, dan program yang dirancang untuk mewujudkan hal tersebut,” tuturnya.

Dan kebutuhan tersebut informasi tersebut, tentunya harus didukung dengan teknologi yang mendukung dan bisa memberikan keamanan pada berita yang disampaikan di media.

“Dan yang saat ini Google lakukan adalah media bisa terus melakukan pengecekan fakta dan verifikasi konten berita yang tidak bisa diklaim oleh orang orang yang membuat berita-berita hoax, salah satunya menciptakan news labs tersebut,” terangnya.

“Ini sangat bermanfaat bagi para jurnalis dan media dalam memberikan informasi, terutama dalam melakukan distribusi informasi kepada masyarakat dunia,” tutup Irene. (wol/eko/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Insiden Bendera Zohri, Sekretaris KEMENPORA: Jangan Salahkan KBRI

Waspada.co.id – Moment bersejarah dimana atlet lari Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: