_
Home / Warta / Politik / Golkar Siap Bersaing Untuk Kursi Ketua MPR
foto: Antara

Golkar Siap Bersaing Untuk Kursi Ketua MPR

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Airlangga Hartarto, menyatakan kesiapan partainya untuk bersaing dalam perebutan jabatan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Menurutnya, merupakan hal yang wajar bila pihaknya kelak mengajukan paket pimpinan MPR periode 2019-2024 dengan komposisi Golkar sebagai ketua. Namun, Airlangga sempat menyebut nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebelum menyampaikan kesiapan partainya merebut kursi Ketua MPR periode mendatang.

“Ini seizin Muhaimin Iskandar, apabila dalam nanti dalam pemilihan Ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket, paket Koalisi Indonesia Kerja, wajar juga mengusung paket dengan Ketua MPR dari Partai Golkar,” kata Airlangga dalam acara buka puasa Partai Golkar dengan Presiden Joko Widodo di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (19/5).

Menteri Perindustrian itu sempat menyinggung komposisi pimpinan DPR periode 2019-2024. Dia mengatakan dalam konteks kesantunan politik maka telah jelas bahwa partai politik pemenang pemilu akan menjadi Ketua DPR.

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (atau) PDIP dan wakilnya secara berurutan,” imbuhnya.

Sebelumnya, diberitakan sejumlah media bahwa Cak Imin menyebut nama Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) yang juga caleg PDIP, Puan Maharani, cocok jadi Ketua DPR periode mendatang. Hanya saja, PKB juga ingin menempatkan diri menjadi kepala lembaga tinggi negara.

“Mbak Puan Ketua DPR, Insya Allah saya Ketua MPR,” ucap Cak Imin kepada wartawan di Rumah Dinas Wakil Ketua MPR, Jakarta, Sabtu (18/5) lalu. (wol/aa/cnn/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Siapa Kader PDIP Pengganti Jokowi di Pilpres 2024?

JAKARTA, Waspada.co.id – Siapakah pengganti Joko Widodo (Jokowi) di pemilihan presiden (pilpres) 2024? Ketua Dewan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.