Home / Warta / Politik / Golkar Bahas Revisi UUD 45 di Munaslub Mendatang
Istimewa

Golkar Bahas Revisi UUD 45 di Munaslub Mendatang

JAKARTA, WOL – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) menegaskan agenda penting yang patut dibahas pada Musyawarah Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar mendatang.

Salah satunya adalah untuk mengembalikan UUD 1945 seperti sediakala, sebelum mengalami empat kali revisi. “Pada Munaslub, kita akan bahas keputusan Rapimnas yang meminta kepada DPP, revisi UUD 1945,” kata ARB di Denpasar, Bali, Minggu (14/2).

Menurut dia, selama ini hal itu luput dari perhatian berbagai pihak, termasuk media.

“Media tidak merasa itu seksi, padahal itu dasar kita. UUD kita sejak reformasi, kita merasa perubahan empat kali sudah tepat. Ternyata, kita menyadari, revisi empat kali itu sudah bertentangan dengan mukadimah dan butir-butirnya,” lanjut ARB.

Akibatnya, menurut ARB, undang-undang yang disusun kemudian banyak yang tak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan pembahasan kembali UUD 1945, Golkar ingin menjadi pelopor penegakan nilai-nilai demokrasi Pancasila.

“Kita ingin mengubah itu. Kader Golkar di dalam MPR dapat segera memutuskan butir mana dari UUD 1945 yang kita akan ubah. Kita harapkan kader Golkar di MPR menyiapkan dan mempelajari UUD 1945, sehingga tidak ada lagi yang bertentangan dengan mukadimahnya,” harapnya.

Sementara itu, agenda kedua yang juga akan dibahas dalam Munaslub Golkar adalah keputusan untuk bergabung bersama pemerintah. Keputusan itu dilakukan Partai Golkar, agar pemerintah bisa lebih fokus mewujudkan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Agenda ketiga yang akan dibahas sebagaimana yang diputuskan dalam Rapimnas adalah bahwa DPP Partai Golkar ingin mengubah sistem pemilihan dalam Pemilu legislatif yang saat ini merupakan sistem proporsional terbuka.

“Kita harapkan menjadi proporsional tertutup tidak proporsional terbuka, sehingga partai yang merupakan pilar demokrasi memiliki dasar lebih besar,” ujar dia.(inilah/data2)

Check Also

Ical Dukung #2019GantiPresiden, Bamsoet: Gak Enak Komentari Senior

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengakui kekompakan para simpatisan yang selama ini mengusung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: