Breaking News
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Siap Wadahi Anak Muda Berkreasi
WOL Photo/Eko kurniawan
WOL Photo/Eko kurniawan

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Siap Wadahi Anak Muda Berkreasi

MEDAN, WOL – Potensi digital di Indonesia semakin menunjukkan bahwa perkembangan teknologi terus berkembang. Berdasarkan data ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia saat ini.

Tentunya kondisi ini bisa menjadi modal besar bagi Indonesia untuk mengembangkan e-commerce dan bisnis aplikasi teknologi digital di Tanah Air. Dan bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50 persen.

Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif melalui tahapan-tahapan sistematis di 10 kota yang memiliki infrastruktur serta fondasi digital yang kuat. Langkah pertama dimulai dari ignition¸ yaitu seminar untuk menanamkan pola pikerentrepreneurship, yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya.

Kemudian, dari peserta ignition tersebut akan dijaring 2.000 peserta yang layak untuk melanjutkan ke tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang mereka butuhkan dalam membuat sebuah startup digital. Berbekal ilmu dari workshop tersebut, 1.000 peserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi.

Setelah itu, 500 peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih 3 bulan di sekitar kota per tahun, sehingga dalam 5 tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

Indonesia memiliki keberagaman suku dan budaya serta potensi teknologi yang terus berkembang. Oleh karena itu jika dikolaborasikan dengan kekuatan teknologi digital, ini adalah modal besar untuk menghasilkan inovasi dan kreativitas yang begitu unik. Demikian hal ini disampaikan Chief Executive Kibar, Yansen Kamto kepada Wasapda Online di sela-sela Road To Gerakan Nasional Startup Digital di Kantor Clapham Collective, Kamis (18/8).

Check Also

foto: abc

Katy Perry Janji Jadi Juri Idol Baik Hati

LOS ANGELES, WOL – Setelah hiatus hampir selama 18 bulan, American Idol siap digelar kembali ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.