Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Gempa Bisa Terjadi Kapan Saja, PVMBG Kembali Ingatkan Pentingnya Mitigasi

Gempa Bisa Terjadi Kapan Saja, PVMBG Kembali Ingatkan Pentingnya Mitigasi

BANDUNG, waspada.co.id – Gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) pada Minggu 5 Agustus 2018 malam, yang terjadi di Lombok mengejutkan banyak pihak. Apalagi, sebelumnya, pada 29 Juli lalu juga terjadi gempa dengan kekuatan 6,4 SR.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani kembali mengingatkan masyarakat dan semua pihak bahwa gempa bisa terjadi kapan dan di mana saja di Indonesia. Itu karena Indonesia secara umum merupakan kawasan rawan bencana gempa bumi.

Gempa yang terjadi di Lombok menurutnya bisa berakibat pada pergerakan sesar yang ada di Indonesia. Tapi, hal itu tidak bisa diprediksi kapan dan di mana terjadi.

“Kemungkinan juga bisa (memicu sesar lain menjadi aktif), tapi ini tepatnya di mana kita tidak tahu,” kata Kasbani di Kantor PVMBG, Kota Bandung, Senin (6/8/2018).

gwmpa

Sejauh ini, PVMBG sendiri terkendala untuk mendeteksi kapan gempa bumi bisa terjadi. Sebab, belum ada peralatan yang bisa melakukan deteksi dini. Hal itu berbeda dengan tsunami yang bisa diprediksi.

Karena itu, kewaspadaan tinggi perlu dimiliki masyarakat dan pihak lain, terutama pemerintah. Sehingga, ketika gempa terjadi, jumlah korban jiwa bisa diminimalisir sekecil mungkin.

“Gempa itu bisa terjadi di mana saja karena daerah kita rawan gempa. Tentunya mitigasi diperlukan,” ucap Kasbani.

gempa

Upaya yang sebaiknya dilakukan adalah rumah atau bangunan lainnya harus sesuai standar. Sehingga ketika terjadi gempa, risiko kerusakan bisa ditekan lebih kecil.

“Edukasi (pengetahuan seputar bencana dan penanganan bencana) juga sangat penting dan harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait,” pungkasnya. (wal/eli)

Check Also

Warga Dihebohkan Dengan Tanah Puluhan Meter Terbelah di Depok

JAKARTA, Waspada.co.id – Fenomena tanah terbelah terjadi di kawasan Kampung Pedurenan, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: