Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Gelar Sidak, Ombudsman Dapati Setnov Lagi Ngamar Bareng Nazaruddin
(Foto: Okezone)

Gelar Sidak, Ombudsman Dapati Setnov Lagi Ngamar Bareng Nazaruddin

agregasi

 

BANDUNG – Ombudsman Republik Indonesia, dapati beberapa temuan, saat lakukan sidak ke Lembaga Pemsyarakatan Khusus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Sukamiskin Bandung.

Kegiatan sidaknya sendiri dilalukan tim Ombudsman yang berjumlah 13 orang, pada Kamis 13 September 2018 malam. Beberapa temuan yang ada di antaranya soal temuan kamar Setya Novanto (Setnov), terpidana kasus korupsi e-KTP.

Dalam sidak tersebut, tim Ombudsman menilai kamar Setnov, telihat lebih besar dibanding dengan kamar yang berada di Lapas Sukamiskin.

Anggota Ombudsman Ninik Rahayu saat Sidak di Lapas Sukamiskin, Bandung (foto: CDB Yudistira/Okezone)

Anggota Ombudsman Ninik Rahayu saat Sidak di Lapas Sukamiskin, Bandung (foto: CDB Yudistira/Okezone)

“Kalau ditanya ukuran bingung, pokoknya dua kali lipat (besar kamar Setnov),” ujar anggota Ombudsman Ninik Rahayu, saat ditemui di Kantor Kemenkumham Kanwil Jabar, Bandung, Jumat (14/9/2018).

Ninik menuturkan, saat melakukan sidak ke kamar Setnov, dirinya juga berjumpa dengan Nazaruddin terpidana kasus korupsi mega proyek Hambalang. “Kami datang semalam, lagi duduk sama Nazaruddin,” jelasnya.

Temuan lainnya, Ninik menyebutkan, dari tiap-tiap kamar yang ada di lapas tersebut, tidak adanya penguncian di tiap-tiap kamar oleh petugas lapas. Hal tersebut, berbenturan dengan standar operasional yang menyebutkan pintu kamar harus dalam keadaan terkunci.

“Misalnya SOP prosedur di lapas pukul 5, ditutup, didepannya di gembok. Hunian Sukamiskin enggak digembok, masing-masing kamar. Nah ini saya kira perlu masukan,” katanya.

Selain itu, temuan berikutnya yakni adanya dugaan mal administrasi. Hal itu dilatarbelakangi soal hunian para napi.

“Di Sukamiskin ada diskriminasi dalam hunian, karena ada perbedaan satu kamar hunia dengan yang lain,” ungkap dia.

Atas temuan itu, Kakanwil Kemenkumham Jabar, menyebutkan bakal melakukan pembenahan terkait temuan-temuan dari hasil sidak tim Ombudsman.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi. Hasil sidak akan membuat tertulis dan diberikan ke kami. Hasil sidak akan melakukan pembenahan peningkatan kualitas pelayanan napi dan tahanan,” kata Ibnu di waktu dan tempat yang sama.

Check Also

KPK Tetapkan Bupati Pakpak Bharat Tersangka Suap

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolanda Berutu (RYB) sebagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: