Home / Warta / Politik / Garin Nugroho: Rizal Ramli Sosok Capres Alternatif
foto: merdeka

Garin Nugroho: Rizal Ramli Sosok Capres Alternatif

JAKARTA, WOL – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli telah mendeklarasikan diri siap maju di Pilpres 2019. Kini, Rizal menjadi salah satu sosok alternatif untuk bersaing dengan capres lain seperti Joko Widodo.

Seniman sekaligus produser, Garin Nugroho, pun ikut angkat bicara tentang sosok pria yang juga akrab disapa RR tersebut. Menurutnya, Rizal mempunyai jiwa kepemimpinan, gagasan kebangsan dan pemahaman makro serta mikro lokal dan nasional.

“Gagasan (Rizal Ramli) yang diperlukan di era baru ini. Tanpa gagasan dan sikap kebangsaan, kepemimpinan hanya jadi boneka beragam kepentingan,” kata Garin, dalam keterangan tertulis, seperti diberitakan Viva.co.id, Minggu (18/3).

Garin mengatakan Rizal memang harus maju dalam Pilpres 2019. Salah satu tujuannya adalah untuk menandingi sejumlah calon yang dinilai berbasis pencitraan.

“Harus ada calon seperti Rizal Ramli untuk menandingi calon-calon yang berbasis pencitraan tanpa gagasan kebangsaan. Saat ini kemerosotan berbangsa, karena hanya menumbuhkan citra,” tuturnya.

Garin melanjutkan, era eforia pencitraan berbasis media sosial harus diubah ke era gagasan berbasis fakta berbangsa. Hal itu agar rakyat bisa membaca peta ke depan Indonesia.

Sebelumnya, Rizal Ramli menyatakan siap untuk maju meramaikan bursa pencalonan presiden di Pilpres 2019 mendatang. Pernyataan kesiapannya untuk maju di Pilpres 2019, disampaikan di kediamannya di bilangan Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Senin 5 Maret 2018.

“Saya siap untuk memimpin Indonesia agar lebih baik, lebih adilm dan lebih makmur. Semenjak mahasiswa, sejak 40 tahun yang lalu, saya terus berjuang agar bangsa Indonesia lebih sejahtera,” kata Rizal.

Rizal mengatakan, selama ini dia sudah pernah merasakan, baik di luar sistem maupun di dalam sebuah sistem pemerintahan. Selama di luar sistem, atau sejak mahasiswa, dia bahkan pernah ditangkap oleh pemerintahan otoriter.

Rizal mengakui, selama ini ada banyak ide, pandangannya yang disampaikan dalam forum terbuka yang terkait dengan perbaikan Indonesia, digunakan sebagai kampanye dan pencitraan. Namun, hanya sebagian kecil idenya tersebut yang diimplementasikan. (viva/ags/data1)

Check Also

Resmikan Tol Ngawi-Kertosono, Jokowi Minta Jangan Ada McD dan Starbucks di Rest Area

JATENG, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo kembali meresmikan jalan tol Ngawi-Kertosono segmen Solo-Sragen sepanjang 35,2 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: