Home / Warta / Mancanegara / Ganti Perdana Menteri, Dukungan Warga Australia Jatuh ke Titik Terendah
Perdana Menteri Australia, Scott Morisson. (Foto: Reuters)

Ganti Perdana Menteri, Dukungan Warga Australia Jatuh ke Titik Terendah

MELBOURNE, Waspada.co.id – Dukungan warga Australia terhadap pemerintahnya jatuh ke tingkat terendah dalam beberapa dekade terakhir setelah Malcolm Turnbull dilengserkan sebagai perdana menteri dan digantikan oleh Scott Morisson pada Jumat. Hal itu terlihat dalam sebuah jajak pendapat yang diumumkan pada Senin.

Jajak pendapat Newspoll terbaru yang dipublikasikan oleh surat kabar The Australian juga menunjukkan bahwa sebagian besar warga Negeri Kanguru lebih memilih Pemimpin Partai Buruh, Bill Shorten untuk menjadi perdana menteri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Morisson menggantikan Turnbull sebagai pemimpin Partai Liberal setelah kegaduhan politik yang telah berlangsung selama sepekan terakhir. Morisson merupakan perdana menteri keenam Australia dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun.

Diwartakan Reuters, Senin (27/8), jajak pendapat terbaru itu menunjukkan bahwa dukungan untuk koalisi Liberal-Nasional yang berkuasa dalam pemungutan suara sturun empat poin menjadi 33 persen. Sementara pembagian dua partai antara koalisi dengan Partai Buruh juga bertambah lebar dari 51-49 untuk Partai Buruh dua pekan lalu menjadi 56-44.

Sebagai perdana menteri baru, Morisson harus mengumumkan diadakannya pemilihan umum federal pada Mei 2019, tetapi kemungkinan akan menghadapi pemilu sela untuk mengisi posisi parlemen yang ditinggalkan oleh Malcolm Turnbull dan Julie Bishop. Kedua tokoh Partai Liberal itu diprediksi akan mundur dari posisinya di parlemen setelah tidak lagi menjabat di dalam pemerintahan. (wok/okz)

Check Also

Menlu RI Kembali Panggil Dubes Australia

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi kembali memanggil Duta Besar Australia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: