Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Gaji PNS Dipotong untuk Zakat, Jokowi: Masih Wacana, Jangan Dipolemikkan
Presiden Jokowi.

Gaji PNS Dipotong untuk Zakat, Jokowi: Masih Wacana, Jangan Dipolemikkan

agregasi
agregasi

 

PADANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penjelasan tentang wacana pengumpulan zakat yang diambil dari gaji aparatur sipil negara (ASN) beragama Islam.

Ia menyatakan, wacana tersebut sama sekali belum dibicarakan di tingkat kabinet. Pasalnya, selama ini pemerintah hanya fokus membahas tentang keuangan syariah lewat Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

“Jadi, dalam rapat KNKS, yang kita bicarakan adalah yang berkaitan dengan keuangan syariah, bisnis syariah, dan ekonomi syariah,” kata Jokowi dari keterangan resmi Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Jumat 9 Februari 2018.

Kepala Negara menegaskan, bahwa dalam rapat tersebut pemerintah tak pernah menyinggung soal pengumpulan zakat yang dikhususkan melalui pungutan sukarela dari gaji ASN. Sehingga, potongan 2,5 persen gaji ASN muslim iti masih dalam tahap wacana.

“Belum ada. Jadi masih wacana, belum ada rapatnya, belum ada rapat terbatasnya, belum ada keputusannya,” tuturnya.

Dalam kunjungan kerja ke Padang, Sumatera Barat itu, mantan Gubernur DKI Jakata itu kembali mengingatkan kepada seluruh pihak untuk tidak terburu-buru memberikan penilaian terhadap wacana itu.

“Jangan dipolemikkan. Belum ada keputusan apa-apa kok,” tandasnya.

Seperti diketahui, rencana pemerintah memotong secara otomatis gaji para pegawai negeri sipil (PNS) muslim untuk pembayaran zakat menuai banyak polemik. Sebab aturan pemotongan gaji sebesar 2,5 persen ini belum memiliki aturan yang jelas. Presiden Jokowi diketahui belum menerbitkan peraturan presiden (perpres) untuk kebijakan ini.

Dorongan pemotongan zakat khusus untuk PNS ini juga mengemuka dalam Musyawarah Nasional Forum Zakat (FOZ) di Lombok, yang berakhir Sabtu 3 Februari 2018.

Check Also

“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah”

  JAKARTA – Kementeriaan Agama (Kemenag) resmi menetapkan awal Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: