Breaking News
Home / Warta / Politik / Fungsi KMP Awasi Pemerintah tak Berjalan
Istimewa
Istimewa

Fungsi KMP Awasi Pemerintah tak Berjalan

JAKARTA, WOL – Partai Koalisi Merah Putih (KMP) di DPR dinilai tidak memiliki peran sebagai partai oposisi untuk mengawasi roda pemerintahan Presiden Jokowi.

Penilaian itu disampaikan pengamat politik dari Polcom, Heri Budianto, ketika dihubungi wartawan, Jakarta, Jumat (17/4).

Menurutnya, KMP sebagai partai oposisi seharusnya mengkritisi atas kebijakan Jokowi terkait penunjukan Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

“Dalam konteks kapolri, fungsi partai oposisi (KMP) itu tidak berjalan. KMP itu seharusnya lebih kritis, karena bukan partai pemerintah,” kata Heri.

Hal itu menanggapi kekompakan KMP mendukung Komjen Badrodin saat pelaksanaan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri di Komisi III DPR, Kamis (16/4).

Dukungan KMP, kata Heri, bukan tidak sebab. Salah satu faktor yang mempengaruhi KMP mendukung Badrodin sebagai Kapolri adalah deal politik dengan pemerintah.

“Ada beberapa faktor yang mengakibatkan itu, mungkin ada deal-deal politik,” tegas Heri.

Diketahui, KMP kompak mendukung Komjen Badrodin Haiti sebagai calon kapolri yang diajukan Presiden Jokowi. Hal itu terlihat saat memberikan tanggapan dari setiap fraksi di tengah fit and proper test BH di Komisi III DPR.

Namun tidak demikian dengan partai koalisi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Sebagai partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi, KIH justru memberikan pendalaman terhadap visi misi yang disampaikan Badrodin. (inilah/data2)

Check Also

Ilustrasi - Masyarakat menonton sisa mobil yang dipasangi bom dan menewaskan seorang pegawai pemerintah Somalia di Kota Mogadishu, Minggu (9/4/2017). (Reuters)

Bom Mobil Meledak di Mogadishu, Tujuh Orang Tewas

SOMALIA, WOL – Tujuh orang tewas dan 10 orang lagi cedera pada Kamis malam (28/9), ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.