Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Fredrich Yunadi Bakal Laporkan 2 Pejabat KPK ke Polisi
Tersangka E-KTP, Fredrich Yunadi di KPK (foto: Antara)

Fredrich Yunadi Bakal Laporkan 2 Pejabat KPK ke Polisi

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Pengacara sekaligus tersangka kasus dugaan merintangi proses penyidikan korupsi e-KTP, Fredrich Yunadi berniat untuk melaporkan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah ke polisi.

Ancaman itu dilakukan Fredrich lantaran dirinya merasa difitnah oleh kedua orang itu dengan menyebutkan telah ‘merekayasa’ rekam medis dari terdakwa korupsi e-KTP Setya Novanto (Setnov). Ketika itu, Fredrich masih sebagai kuasa hukum dari Setnov.

“Segera saya akan instruksikan bikin laporan polisi. Karena kan dia memberikan keterangan palsu, katanya saya memberikan medical record palsu,” kata Fredrich usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2018).

Resmi! KPK Tahan Pengacara Setnov Fredrich Yunadi

Fredrich melaporkan Basaria dan Febri karena keduanya mengumumkan penetapan tersangka dirinya. Oleh karenanya, dia akan melaporkan ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

“Yang ngomong itu siapa, kan ada pers rilis kan, itu buktinya kan, kalau situ berani ngomong, berani tanggung jawab kan. Dalam hal ini melakukan pencemaran nama baik melalui ITE. Biar diproses, semua kan sama, jangan merasa dirinya paling hebat,” papar dia.

Asal-usul pelaporan ini, Fredrich menyebut berawal dari pemeriksaannya hari ini. Dia meminta untuk penyidik KPK juga memeriksa Basaria dan Febri. Penyidik, kata Fredrich berkata itu merupakan ranah pidana umum.

“Karena saya sudah minta penyidik melakukan pemeriksaan (terhadap Basaria dan Febri), cuma penyidik (KPK) enggak berani, dia bilang ini urusan polisi,” ujar Fredrich.

“Kalau begitu penyidik suruh saya lapor polisi dong? (penyidik KPK bilang) Ini kan ranah pidana umum, silakan saja bapak kalau mau lapor. Ya sudah saya lapor,” lanjut Fredrich mengklaim.

Fredrich mengaku akan meminta bantuan dari pihak Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) untuk melaporkan Basaria dan Febri ke polisi.

“Kan gini, orang Peradi itu kan pasti ketemu saya, saya akan minta mereka untuk bikin laporan polisi,” ucap dia.

Resmi! KPK Tahan Pengacara Setnov Fredrich Yunadi

Dalam kasus perintangan penyidikan ini, KPK menetapkan dua orang tersangka, yakni Fredrich Yunadi dan Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta, Bimanesh Sutarjo. Mereka diduga telah memanipulasi data medis dari Setnov.

Tak hanya itu, KPK menyatakan Fredrich telah menyewa satu lantai di RS Permata Hijau. Namun, hal itu tentu dibantah Fredrich.

Atas perbuatannya, Fredrich dan Bimanesh disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Check Also

Ini Kata Novanto Ditanya Soal Renovasi Sel Sukamiskin

JAKARTA, Waspada.co.id – Terpidana kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Setya Novanto menyangkal mendapat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: