Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Foto Setnov dan Anang di Tol Purbaleunyi Mendadak Viral, Ini Penjelasan KPK
Setya Novanto (foto: Okezone)

Foto Setnov dan Anang di Tol Purbaleunyi Mendadak Viral, Ini Penjelasan KPK

agregasi

 

JAKARTA – Sebuah foto dua terpidana kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto (Setnov) dan Anang Sugiana Sudihardjo sedang berada di Tol Purbaleunyi tanpa rompi tahanan mendadak viral di media sosial (medsos).

Merespon viralnya foto tersebut, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah memberikan penjelasan. Kata Febri, Setnov dan Anang sudah bukan lagi tahanan KPK karena telah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, setelah divonis bersalah dan berkekuatan hukum tetap (inkrahkt).

“Perlu kami jelaskan bahwa Setya Novanto tidak lagi berada pada masa penahanan KPK karena sudah dilakukan eksekusi ke Lapas Sukamiskin setelah putusan berkekuatan hukum tetap,” ‎kata Febri melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Selasa (25/9/2018).

Febri menjelaskan, Setya Novanto dan Anang Sudihardjo sendiri memang dijadwalkan menjadi saksi di sidang korupsi e-KTP ‎untuk terdakwa Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung, pada Selasa, 18 September 2018.

Oleh karenanya, Setnov dan Anang dibawa dari Lapas Sukamiskin ke Jakarta untuk kebutuhan persidangan. Febri memprediksi, foto tersebut terjadi saat Setnov dan Anang yan‎g berada dalam pengawalan petugas lapas sedang beristirahat di rest area sebelum tiba di Jakarta.

“Tentu dalam perjalanan dari Sukamiskin ke Jakarta ada jeda waktu dan ada kemungkinan petugas beristirahat di tempat tertentu. Namun hal terebut sepenuhnya tentu tetap perlu sesuai dengan SOP di Ditjen Pas khususnya Lapas Sukamiskin,” terangnya.

Febri sendiri sebenarnya belum mengetahui dengan jelas soal kejadian dalam foto tersebut. Meski‎pun demikian, Febri menghargai peran dari masyarakat yang ingin mengawal dan mengawasi terpidana kasus korupsi agar tidak bebas plesiran.

“Hal ini diharapkan semakin membuat pengawasan di lapas-lapas lebih ketat agar benar-benar tidak ada narapidana korupsi yang berada di luar lapas secara tidak sah,” pungkasnya.

Sekadar informasi, foto Setnov dan Anang mendadak viral di medsos tanpa rompi tahanan. Dalam foto tersebut, Setnov mengenakan kemeja putih dibalut jaket hitam. Sementara Anang, terlihat memakai batik merah.

Tak hanya Setnov dan Anang, dalam foto tersebut juga ada dua pria yang diduga pengawal dari lapas Sukamiskin. Dalam foto Setnov dan Anang‎ tersebut, keduanya dituliskan sedang berada di rest area kilometer 97 Tol Purbaleunyi arah Jakarta.

Check Also

Kasus Lapas Mewah Napi Korupsi Dinilai Sebagai Pemasalahan Mental

  JAKARTA – Kasus sel tahanan mewah yang diterima terpidana korupsi e-KTP, Setya Novanto memicu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: