Home / Warta / Teknologi / Filosofi Budaya Jepang di Mobil Toyota
Toyota memaknai faktor J yang berbeda dengan Nissan (Foto: Reuters)

Filosofi Budaya Jepang di Mobil Toyota

agregasi
agregasi

 

TOKYO – Jika Nissan Motor mengaplikasikan desain anime pada produk-produknya untuk menonjolkan sisi budaya Jepang atau ‘faktor J’, lain halnya dengan Toyota Motor.

Produsen mobil terbesar di dunia itu tidak mengadopsi desain dari karakter anime Jepang, melainkan mengedepankan sisi keahlian dan profesionalitas sebagaimana sudah mengakar dalam budaya Jepang.

Kepala Desain Global Toyota Motor Tokuo Fukichi menjelaskan, bagi Toyota, termasuk merek premium Lexus, ‘faktor J’ itu lebih dari sekadar sisi fungsionalitas dan style.

“Faktor J itu adalah cara pintu membuka dan menutup serta apa yang dirasakan tombol-tombol dan setir kemudi saat Anda menyentuhnya,” ungkap dia seperti dikutip dari Reuters, Kamis (21/4/2016).

Soal tampilan eksterior, lanjut Fukuchi, pihaknya mengedepankan pada desain yang membuat pengemudi tidak merasa terganggu visibilitasnya.

“Soal bagaimana penampilan mobil, kami lebih mementingkan visibilitas untuk menekan blind spot. Selain itu, kami lebih menekankan pada keahlian. Itulah DNA ‘faktor J’ yang kami pegang,” tegas Fukuichi yang mengambil referensi dari bagaimana masinis kereta cepat Jepang (shinkansen) harus berhenti pada jarak maksimal 10 sentimeter (cm) dari titik yang ditentukan di peron dan kondektur kereta meminta maaf kepada penumpang jika kereta terlambat lebih dari 30 detik.

Saat disinggung desain grille dan sudut lampu LED mobil hybrid Prius C terbaru yang seperti mengadopsi tokoh Pikachu di serial anime ‘Pokemon‘, Fukuichi menyebutkan hal itu hanya kebetulan.

Kesamaan itu bukan kesengajaan. Desain tersebut dipilih karena para engineer Toyota menganggap konsep itu bisa meningkatkan aerodinamika pada kendaraan.

Check Also

Mahathir: Pemerintah Malaysia ingin tiru budaya Jepang

Waspada.co.id – Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan pemerintahnya ingin meniru budaya Jepang, terutama dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: