Home / Warta / Mancanegara / Feri Tenggelam di Tanzania, Lebih dari 100 Orang Tewas
Regu penyelamat mengangkat tubuh seorang perempuan, korban kecelakaan feri dari tepi Pulau Ukerewe, Danau Victoria, Tanzania 21 September 2018. (REUTERS/Stringer NO RESALES)

Feri Tenggelam di Tanzania, Lebih dari 100 Orang Tewas

VICTORIA, Waspada.co.id – Para pejabat di Tanzania menyatakan lebih dari 100 orang tewas setelah sebuah feri penumpang terbalik di Danau Victoria Kamis sore. Pencarian penyintas dan korban dimulai kembali hari Jumat (20/9).

Sedikitnya 37 orang berhasil diselamatkan, dan sebagian di antara mereka dalam “kondisi sangat buruk,” jelas komisioner regional John Mongella.

Mongella mengatakan ia tidak akan “berspekulasi” mengenai berapa banyak orang di feri tersebut tetapi bukan hal asing bagi feri yang mengarungi danau-danau luas di kawasan itu mengangkut ratusan penumpang sekaligus. Media lokal menyebutkan MV Nyerere mungkin membawa 200 penumpang ketika terbalik.

Radio pemerintah Tanzania melaporkan para penumpang menaiki feri itu di Bugolora, kota di Pulau Ukerewe. Feri itu sedang dalam perjalanan menuju Pulau Ukara sewaktu terbalik. Penyebab kecelakaan belum dipastikan, tetapi kelebihan muatan kerap menjadi alasan kapal-kapal tenggelam sebelum ini.

Menurut catatan pemerintah Tanzania, 894 orang tewas sewaktu MV Bukoba terbalik di Danau Victoria pada Mei 1996. Baru-baru ini, 200 orang dikukuhkan tewas sewaktu MV Spice Islander I tenggelam di lepas pantai Zanzibar pada tahun 2011. Lebih dari 1.000 orang dilaporkan hilang. (voa)

Check Also

Kapal Tenggelam, Kadishub Samosir Sakit Saat Mau Diperiksa Poldasu

MEDAN, Waspada.co.id – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Samosir, Nurdin Siahaan, sakit saat ingin memenuhi panggilan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: