_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Februari 2019, Medan Deflasi 0,30 Persen
WOL Photo

Februari 2019, Medan Deflasi 0,30 Persen

MEDAN, Waspada.co.id – Perkembangan harga berbagai komoditas di Kota Medan, Februari 2019 secara umum menunjukkan adanya penurunan.

Berdasarkan hasil pemantauan BPS, Pada bulan ini Kota Medan mengalami deflasi sebesar 0,30 persen. Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks dua kelompok pengeluaran yakni kelompok bahan makanan sebesar 1,83 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,09 persen.

Kabid Statistik dan Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Bismark SP Sitinjak, menuturkan sementara untuk kelompok yang mengalami peningkatan indeks yaitu kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,19 persen, kelompok sandang sebesar 1,02 persen, kelompok kesehatan sebesar 1,17 persen, kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,17 persen.

“Sedangkan kelompok jadi, minuman, rokok dan tembakau tidak mengalami perubahan indeks,” tuturnya di Medan, Jumat (1/3).

Sementara kelompok pengeluaran yang memberikan andil deflasi yakni kelompok bahan makanan sebesar 0,44 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen.

“Kelompok pengeluaran yang memberikan andil inflasi, yakni kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,05 persen, kelompok sandang sebesar 0,05 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,04 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga sebesar 0,01 persen,” ungkapnya.

“Sedangkan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau memberikan andil yang sangat kecil terhadap inflasi umum Kota Medan,” pungkansya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Rabu Sore, PSMS Uji Victory Dairi

MEDAN, Waspada.co.id – PSMS Medan akan menjalani laga uji coba perdananya di bulan Ramadhan dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: