Home / Warta / Mancanegara / Faksi Palestina Bahas Rekonsiliasi di Kairo
foto: palinfo
foto: palinfo

Faksi Palestina Bahas Rekonsiliasi di Kairo

KOTA GAZA, WOL – Pemimpin berbagai faksi Palestina bertolak ke ibu kota Mesir, Kairo, Senin (20/11), menjelang perundingan yang bertujuan untuk membawa maju kesepakatan rekonsiliasi.

Tokoh senior dari 13 faksi politik berbeda — termasuk penguasa Gaza Hamas dan Fatah yang berbasis di Tepi Barat — akan bertemu pada Selasa untuk melakukan perundingan tiga hari dengan topik diskusi kemungkinan meliputi pembentukan pemerintah persatuan baru.

Berdasarkan kesepakatan yang diperantarai Mesir yang dicapai bulan lalu, Hamas harus menyerahkan pemerintahan sipil Gaza kepada pemerintah nasional pimpinan Fatah pada 1 Desember.

Seorang sumber di pos perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir mengatakan kepada AFP bahwa perwakilan dari berbagai faksi termasuk Hamas telah menyeberang pada Senin pagi.

“Tujuan pertemuan tersebut untuk menggabungkan semua faksi sebagai mitra dan bukan hanya sebagai penonton saat perselisihan diselesaikan untuk terakhir kalinya,” kata Azzam al-Ahmed, yang memimpin delegasi Fatah, dalam sebuah pernyataan yang dikutip kantor berita AFP.

Delegasi Hamas akan dipimpin oleh wakil pemimpin Salah al-Aruri dan pemimpin Gaza Yahya Sinwar. Baik pemimpin Fatah Mahmoud Abbas maupun pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tidak akan hadir.

Sebanyak 11 faksi politik kecil lainnya juga akan hadir. (antara/data1)

Check Also

Istimewa

Kanada Tidak Akan Pindahkan Kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem

OTTAWA,WOL – Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland Rabu mengatakan bahwa Kanada tetap pada pendirian ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.