Breaking News
Home / Warta / Politik / Fadli Zon: Tidak Tepat Dana Haji Digunakan Bangun Infrastruktur
Fadli Zon (Foto: Reni Lestari/Okezone)
Fadli Zon (Foto: Reni Lestari/Okezone)

Fadli Zon: Tidak Tepat Dana Haji Digunakan Bangun Infrastruktur

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon menilai rencana pemerintah penggunaan dana haji untuk pembangunan infrastruktur tidak tepat. Sebab, kata dia, para jemaah haji mendaftar dan mengajukan dana mereka untuk keperluan ibadah haji bukan infrastruktur.

“Kalau mau diinves saya kira harus ada kesepakatan dari pemilik dana diinvestasikan untuk bidang apa kalau diinves untuk infrastruktur dalam konteks sekarang ini menurut saya tidak tepat,” katanya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/7).

Menurutnya, hasil dari pembangunan infrastruktur dengan menggunakan dana haji tidak memberikan dampak pada para jemaah secara langsung.

“Karena infrastruktur yang sekarang ini tidak berdampak pada ekonomi apa-apa dan resikonya tinggi. Misalnya membangun jalan apakah kembali uangnya yang diinvestasikan untuk jalan mungkin agak berbeda,” tegasnya.

Berbeda halnya jika dana haji diperuntukkan untuk pembangunan fasilitas bagi para jemaah di Arab Saudi. Fadli menganggap rencana penggunaan dana haji untuk infrastruktur dilakukan karena pemerintah kekurangan dana.

“Kalau misalnya dibangun di Arab Saudi sana misalnya semacam hotel, apartemen untuk jemaah haji itu mungkin akan berbeda, karena itu peruntukkan untuk jemaah haji,” tegasnya.

“Kemudian dipakai jemaah haji ibarat masuk kantong kiri keluar kantong kanan itu tidak ada masalah ada jaminan dari pasar dan uang kembalinya jaminan. Tapi untuk infrastruktur dalam konteks sekarang ini kita tahu bahwa pemerintah kekurangan dana untuk infrastruktur,” sambung Fadli.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menginginkan pengelolaan dana haji yang optimal guna mendorong pembangunan sarana infrastruktur. Menurut Presiden, Indonesia membutuhkan dana infrastruktur yang mempercepat pembangunan dan mengatasi persoalan kesejahteraan. (merdeka/ags)

Check Also

Wakil Ketua DPR Fadli Zon (Foto: Okezone)

Fadli Zon Heran, Belum Diperiksa Kasus Kaesang Sudah Dihentikan

  JAKARTA – Wakil Ketua DPR Fadli Zon heran dengan pernyataan Wakapolri Komjen Syafruddin yang ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.