Newsticker
WOL / Warta / Politik / Fadli Zon: Mendagri Jangan Kesannya Bela Ahok
Istimewa
Istimewa

Fadli Zon: Mendagri Jangan Kesannya Bela Ahok

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon meminta kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tak membela terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) karena tidak dinonaktifkan sebagai Gubernur DKI usai masa cuti kampanye.

“Jangan nanti terkesan Mendagri membela karena kebetulan kawannya, saya kira itu tidak boleh,” kata Fadli di Gedung DPR, Kamis (9/2).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan negara ini mempunyai aturan hukum, sehingga jika Menteri Dalam Negeri tidak melakukan pemberhentian sementara terhadap Ahok yang sudah jadi terdakwa kasus penistaan agama, itu melanggar Undang-undang.

“Kan statusnya sudah dinyatakan pengadilan,” ujarnya.

Menurut dia, seorang pejabat dari Pemerintah Daerah yang berstatus terdakwa harusnya dinonaktifkan sesuai perintah Undang-undang, karena sudah banyak kasus kepala daerah yang status terdakwa dinonaktifkan.

“Jadi banyak kasus misalnya dulu di Banten (mantan Gubernur Ratu Atut Choisiyah), di Sumatera Utara (mantan Gubernur Gatot Pujo Nugroho). Itu langsung dinonaktifkan,” jelas dia.

Ia menambahkan kalau Mendagri tidak menonaktifkan Ahok, tentu ini adalah satu tindakan yang diskriminatif.

“Karena disini ada UU yang terkait, yakni UU Pilkada dan UU Pemerintah Daerah,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Dodi Riadmadja mengatakan pihaknya masih melakukan kajian terhadap perkara hukum yang menimpa Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Sebab tuduhannya kan ada dua pasal, yang satu dibawah lima tahun ya kalau tidak salah. Mungkin masih dirapatkan oleh Pak Mendagri,” katanya.

Sehingga, Dodi mengatakan pihaknya belum bisa menyimpulkan akan menonaktifkan Ahok atau tidak dari jabatan setelah cuti kampanye pada 11 Februari 2017. (inilah/ags/data2)

Baca Juga

(WOL Photo)

Fadli Zon: Persekusi Muncul Akibat Lemahnya Penegakan Hukum

  JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai munculnya isu persekusi saat ini ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.