Breaking News
Home / Warta / Politik / Fadli: Penambahan Kursi DPR Hal Wajar
Istimewa
Istimewa

Fadli: Penambahan Kursi DPR Hal Wajar

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai rencana penambahan kursi parlemen menjadi 570 merupakan hal yang lumrah karena mengikuti perkembangan jumlah penduduk masyarakat Indonesia. Bahkan, lebih dari usulan 570 kursi pun tak jadi soal.

“Saya kira masuk akal karena penambahan itu harus sejalan juga dengan presentasi dari jumlah penduduk, menurut saya wajar jadi 570 kursi. Bahkan, 580 kursi menurut saya masih wajar karena kita harus sesuaikan dengan penambahan jumlah penduduk,” kata Fadli, Senin (23/1) malam.

Fadli menjelaskan terkait anggaran harusnya parlemen mengelola dana sendiri tidak di bawah eksekutif, karena negara mengalokasikan anggaran untuk DPR RI dibawah Rp5 triliun dan ini terlalu kecil dibanding melihat presentase anggaran di Amerika, Eropa dan negara lain.

“Jadi yang harus dihemat itu anggaran eksekutif yang kadang-kadang tidak efektif. Ini yang harus kita lihat dan pengelolaan uang DPR harusnya independen tidak di bawah pemerintah,” ujarnya.

Jadi, kata Fadli, memang perlu ada salahsatu independensi pengelolaan anggaran legislatif parlemen seperti di negara-negara lain termasuk pegawai harusnya mengatur sendiri.

“Seperti halnya BI (Bank Indonesia), BPK itu mengatur sendiri. Jadi saya kira ke depan DPR harus bisa mengatur sendiri keuangan dan independensi kepegawaian, tidak di bawah pemerintah,” jelas dia. (inilah/ags/data1)

Check Also

kompas.com

Mendagri Berharap Musyawarah Soal RUU Pemilu

JAKARTA, WOL – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo masih berharap ada wadah musyawarah untuk membahas ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.