Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Euforia May Day 2018 di Tengah Isu Gempuran Tenaga Kerja Asing
WOL Photo/Ega Ibra

Euforia May Day 2018 di Tengah Isu Gempuran Tenaga Kerja Asing

agregasi
agregasi

 

SELURUH buruh di Indonesia ikut merayakan Hari Buruh Internasional (May Day) yang diperingati setiap 1 Mei. Para buruh pun memiliki cara berbeda untuk merayakan euforia May Day 2018. Ada yang menggelar aneka hiburan, namun ada pula yang turun ke jalan untuk memperjuangkan hak-hak kerja mereka.

Lihat saja, antusias para buruh di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Polres Metro Bekasi Kota menyiapkan program servis dan ganti oli gratis bagi kendaraan roda dua, khusus untuk kaum buruh di May Day 2018.

“Lokasinya ada di beberapa titik. Di pangkalan 5 Bantargebang dan lapangan Pondokgede Bekasi,” ungkap Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing saat dihubungi Okezone.

Selain itu, akan ada pelayanan pembuatan SIM baru dan SKCK di Polres Metro Bekasi Kota, dan perpanjangan SIM di Polsek Medan Satria untuk 300 pendaftar pertama.

“Untuk persyaratan cukup bawa STNK saja. Kegiatan ini bebas untuk warga mana saja,” ujarnya.

Sedangkan, para buruh di Tangerang Selatan (Tangsel) memilih berkumpun di suatu tempat dan menggelar hiburan musik dangdut saat perayaan May Day tahun ini.

May Day Suasana May Day di Tangsel (foto: Hambali/Okezone)

Suasana keceriaan terlihat dari sekira seribu buruh yang memadati area di sekitar Ocean Park (OP), BSD, Serpong, Tangsel. Kaum buruh yang berasal dari berbagai wilayah di Kota Tangsel itu, lebih memilih berkumpul bersama dengan dihibur penyanyi dangdut yang telah disiapkan penyelenggara.

Rudjito (35), buruh kontrak yang bekerja di pabrik manufacture itu menjadikan hari libur MayDay sebagai sarana untuk berkumpul dan menjalin komunikasi antar buruh dari perusahaan lainnya. Meski begitu, dia tetap mendukung jika ada upaya dari rekan-rekannya yang memilih berdemontrasi ke Ibu Kota Jakarta.

“Kita merayakan MayDay ini kan berbeda-beda ya, tapi tetap tujuan kita sama, bagaimana agar pemerintah dan pengusaha peka dengan nasib kita, terutama soal gaji dan status kerja (karyawan). Kita support semua rekan kita yang bergerak ke Jakarta, jadi yang berhalangan atau karena keterbatasan lain tak bisa berangkat, ya kita bisa kumpul disini, silaturahmi, sekaligus memperkuat konsolidasi kita melalui sarana hiburan ini,” urai Rudjito.

Selain musik dangdut, hiburan lainnya berupa senam bersama dan berbagai perlombaan yang di ikuti pula oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany beserta beserta jajaran dinas terkait. Para buruh yang menjadi juara lomba, akan diberikan hadiah-hadiah menarik seperti, lima unit sepeda motor, kulkas, sepeda, dan hadiah menarik lainnya.

Peringatan May Day di Bandung, Jawa Barat justru memiliki manfaat yang positif. Puluhan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Kota Bandung menggelar aksi kemanusiaan, yakni donor darah.

Sekira 80 buruh memilih mendonorkan darah di Kantor PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Selasa (1/5/2018) saat May Day 2018 berlangsung.

“Kalau hari buruh ini banyak kegiatan, banyak teman-teman yang ikut aksi menyampaikan aspirasi, nah kita selaku dari karyawan PT CMB atau organisasi SBSI Kota Bandung, mengadakan kegiatan donor darah,” ungkap salah seorang perwakilan buruh, Dodi, di Kantor PMI Bandung.

May Day Aksi Donor Darah para Buruh di Bandung, Jawa Barat (foto: CDB Yudistira/Okezone)

Check Also

DPR Wanti-Wanti Netralitas dan Profesionalitas KSAD Andika Perkasa

JAKARTA – Anggota DPR RI Komisi I dari Fraksi PKS, Sukamta berharap Kepala Staf Angkatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: