Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Erupsi Hebat & Berulang, Sinabung Sampai Tak Terpantau Kamera Tim PVMBG
Foto: Dokumentasi PVMBG
Foto: Dokumentasi PVMBG

Erupsi Hebat & Berulang, Sinabung Sampai Tak Terpantau Kamera Tim PVMBG

agregasi
agregasi

 

MEDAN – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus erupsi. Bahkan sepanjang hari ini, teracatat 30 kali abu vulkanik dan awan panas meluncur dari puncak gunung setinggi 2.460 Mdpl tersebut.

Erupsi hari ini terbilang besar, sampai-sampai langit di sekitar Gunung Sinabung tertutup abu vulkanik. Menyebabkan gunung api berstatus Awas itu dalam beberapa menit tidak terlihat mata manusia dan kamera pemantau PVMBG.

“Saat ini secara visual gunung Sinabung tidak teramati karena tertutup abu vulkanik,” kata Kepala BPBD Karo, Martin Sitepu saat dikonfirmasi, Rabu (2/8/2017).

Martin Sitepu menerangkan, erupsi sepanjang hari ini disebabkan runtuhnya kubah lava dan dorongan kuat dari bawah gunung. Erupsi Sinabung meluncurkan abu vulkanik dan awan panas sejauh lebih dari 4 kilometer.

“Saat ini Berastagi (Karo) ditutupi abu vulkanik. Kami imbau warga menjaga kesehatan dengan menggunakan masker,” pungkas Martin.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo ini terus erupsi sejak September 2013. Letusan yang terus-terusan dan materialnya membayahakan jiwa, memaksa warga sekitar kaki gunung mengungsi hingga akhirnya direlokasi ke tempat lain. Selain itu, belasan orang dilaporkan meninggal akibat tersapu awan panas pada tahun lalu.

Check Also

foto: istimewa

Jokowi Naik Heli ke Sinabung

MEDAN, WOL– Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju lokasi pengungsi bencana Gunung Sinabung di Siosar, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.