_
Home / Warta / Mancanegara / Eropa Desak Turki Patuhi Hukum
bbc.com

Eropa Desak Turki Patuhi Hukum

TURKI, WOL – Pejabat paling senior Eropa yang mengunjungi Turki sejak usaha kudeta bulan lalu mendesak Turki untuk bertindak sesuai aturan hukum.

Sekretaris Jenderal Dewan Eropa, Thornbjorn Jagland, bertemu dengan sejumlah tokoh penting pemerintah Turki pada Rabu (03/08).

Dia mengatakan dirinya memahami bahwa Turki perlu untuk “menangani pihak-pihak di balik kudeta” tetapi dia mendesak negara itu untuk menerapkan jalur peradilan.

Sejak upaya percobaan kudeta pada 15 Juli, Presiden Recep Tayyip Erdogan membersihkan orang-orang yang dicurigai memiliki kaitan dengan mereka yang terlibat.

Lebih 50.000 warga Turki ditahan atau diberhentikan dari jajaran militer, kehakiman, lingkungan pegawai negeri dan bahkan akademi atas dugaan terkait dengan otak dibalik kudeta.

Tetapi ulama yang tinggal di Amerika Serikat, Fethullah Gulen, menyangkal berperan dalam usaha penggulingan.

Para pejabat Turki diperkirakan akan mengatakan kepada Jagland bahwa pemerintah tidak mendapatkan cukup dukungan dari rekan negara-negara Barat, lapor sejumlah wartawan.

Organisasi yang dipimpin Jagland mengawasi kepatuhan aturan hak asasi manusia di 47 negara anggota Dewan, termasuk Turki.

(bbc) 

Check Also

Uni Eropa Sebut Ekonomi Italia dan Jerman dalam Situasi Sulit

BRUSSEL, Waspada.co.id – Komisi Ekonomi Uni Eropa membunyikan ‘alarm’ atas kondisi ekonomi Italia. Komisioner Ekonomi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: