Home / Warta / Mancanegara / Erdogan Sebut Kegigihan Rakyat Turki Akan Bantu Atasi Krisis
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Reuters)

Erdogan Sebut Kegigihan Rakyat Turki Akan Bantu Atasi Krisis

ANKARA, Waspada.co.id – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan komitmen dan kegigihan rakyat Turki saat ini merupakan jaminan untuk melawan serangan terhadap perekonomian negara itu.

Lira Turki anjlok hingga 40 persen tahun ini, menimbulkan keraguan akan kebijakan moneter Erdogan di tengah tekanan dari Amerika Serikat.

Erdogan berulang kali menyatakan merosotnya nilai mata uang lira sebagai bagian perang ekonomi yang dilancarkan Washington terkait nasib Andrew Brunson, seorang pastor AS yang kini ditahan di Turki atas tuduhan terorisme. Brunson sendiri telah membantah tudingan ini.

Lira menguat tipis terhadap dolar Amerika pada penutupan Jumat kemarin, setelah mencatat rekor terendah 7,24 terhadap dolar pada awal bulan ini.

Pada dua pernyataan terpisah dalam rangka peringatan Perang Manzikert pada 1701 dan Hari Kemenangan, Erdogan pada Sabtu (25/8) mengatakan persatuan Turki akan menang melawan serangan terhadap kemerdekaan politik dan perekonomian mereka.

“Saat kita menghadapi serangan atas perekonomian Turki hari ini, jaminan terbesar kita adalah komitmen dan kegigihan dari semua rakyat untuk memegang teguh kemerdekaan, bangsa dan masa depan,” ujar Erdogan.

Pengadilan Turki pekan lalu menolak permohonan pembebasan Brunson, yang memicu protes dari Presiden AS Donald Trump.

Trump sebelumnya mengaku semula berpikir memiliki kesepakatan dengan Presiden Tayyip Erdogan ketika membantu membujuk Israel untuk membebaskan warga Turki yang ditahan. Dia mengira Erdogan kemudian akan membesaskan Brunson.

“Saya pikir, sangat menyedihkan mengetahui apa yang dilakukan Turki. Saya pikir mereka melakukan kesalahan besar. Tidak akan ada kelonggaran,” ujar Trump Selasa (21/8).

Trump telah memberlakukan tarif atas impor baja dan aluminium Turki sebagai tanggapan atas penolakan Erdogan untuk membebaskan Brunson. Ini kemudian meningkatkan kekhawatiran imbas terhadap ekonomi Eropa.

“Saya tidak peduli sama sekali. Saya tidak peduli. Ini adalah hal yang tepat untuk dilakukan,” katanya, ketika ditanya tentang potensi kerusakan ekonomi lainnya.

Sementara itu, Erdogan selalu mengatakan bahwa ia yakin Turki bisa menangani krisis ini. Ia menyebut anjloknya nilai lira tak lain disebabkan serangan terhadap bendera Turki atau panggilan azan. Ia juga berkali-kali meminta rakyat Turki menukar emas atau dolar mereka ke lira untuk membantu mengangkat nilai mata uang Turki. (wol/cnn)

Check Also

Turki Beberkan Detail Pembunuhan Jurnalis Khashoggi

ISTANBUL, Waspada.co.id – Kepala jaksa Istanbul Turki Irfan Fidan membeberkan rincian pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: