Home / Warta / Politik / Empat Calon Penantang Jokowi di Pilpres 2019 yang Wajib Diwaspadai
Anies Baswedan, Prabowo, Jokowi bersama Ibu Negara, dan Jusuf Kalla (foto: Antara)

Empat Calon Penantang Jokowi di Pilpres 2019 yang Wajib Diwaspadai

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA baru saja merilis hasil survei kandidat calon presiden yang bakal bertarung di 2019. LSI memprediksi pilpres kali ini akan lebih ramai lantaran munculnya nama-nama baru yang akan mewarnai pesta demokrasi lima tahunan ini.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby menyebutkan, ada empat nama yang memiliki kemungkinan besar menjadi penantang Joko Widodo (Jokowi) dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019. Nama-nama tersebut yakni, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono dan (AHY) mantan Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun jauh hari memprediksi Pilpres 2019 bakal diikuti tiga sampai empat calon. Itu karena ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

Tentu saja ini akan menjadi pertarungan sengit dan amat menarik untuk diikuti. Berikut Okezone.com rangkum empat kandidat yang diprediksi bakal ikut kontestan pilpres berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei yang namanya selalu muncul.

Prabowo Subianto

Prabowo Subianto Ikuti Aksi Bela Rohingya Serukan Dihentikannya Kekerasan
Prabowo Subianto (foto: Antara)

Nama Prabowo Subianto sudah tidak asing lagi di telinga publik. Sejak Piklpres 2014, Prabowo adalah lawan tunggal Jokowi yang dianggap memiliki kekuatan pada saat itu, lantaran banyak didukung partai-partai besar. Sayangnya, Prabowo harus kandas dikalahkan Jokowi.

Namun kini, Prabowo tidak ingin melewatkan kesempatan untuk kembali bertarung di 2019. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon dalam keterangannya mengatakan dalam waktu dekat akan mendeklarasikan Prabowo untuk bertarung ulang sebagai capres 2019.

Meski tidak muda lagi, Prabowo yang diprediksi bakal melawan calon-calon anak muda, Partai Gerindra bakal membuktikan mampu menjawa keraguan banyak kalangan akan peluang Prabowo. Dalam survei LSI popularitas Prabowo diangka 92 persen.

Disejumlah hasil survei menunjukkan bahwa Prabowo masih memiliki elektabilitas tinggi kedua setelah Jokowi, lalu diikuti nama-nama lain.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Buka Puasa Bareng dengan Karib Agus
Agus Harimurti Yudhoyono/AHY (foto: Okezone)

Nama AHY mencuat ketika dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta 2016 lalu. Putra Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono memperoleh popularitas di LSI sebesar 71.2 persen.

AHY tiba-tiba menggemparkan publik saat dimumumkan bakal bertarung melawan Ahok dan Anies. Munculnya nama AHY di survei LSI ini tidak bisa dianggap remeh oleh Jokowi. Apalagi Partai Demokrat nampaknya tengah mempersiapkan AHY untuk menjadi the next leader. Belum secara resmi diproklamirkan, tetapi secara masif sudah begitu nyata. Spanduk AHY The Nxt Leader tersebar dimana-mana.

Bahkan, secara terang-terangan Wakil Ketua Dewan Pembinda Partai Demokrat, Agus Hermanto menegaskan bahwa nama AHY selama ini menjadi idola kaum muda. Menurutnya, Agus kedepan bisa menjadi next leader. Itu terlihat dari beberapa survei baik sebaik capres atau cawapres nama AHY selalu muncul.

Nama Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono bisa menjadi senjata untuk mendongkrak suara AHY. Sebagai putra mantan presiden yang berlatar belakang militer ini tentu akan kencang gerliya memuluskan langkah AHY sebagai suksesor sang ayah.

Anies Baswedan

Kenakan Topi Caping dan Sepatu Boots, Anies Baswedan Ikut Panen Padi di Cakung
Anies Baswedan (foto: Antara)

Gubernur DKI Jakarta terpilih 2015-2020 ini bisa menjadi kuda hitam, setelah sukses mengalahkan Ahok di Pilgub 2015 lalu. Anes memang belum menunjukkan geliatnya untuk maju di Pilpres, lantaran masih seumur jagung fokus membenahi Jakarta, setelah Oktober lalu resmi dilantik.

Akan tetapi, bukan tidak mungkin Anies bakal membuat gebrakan. Apalagi sejumlah lembaga survei memiliki prosentasi tinggi terhadap namanya. Bahkan namanya selalu muncul ketika dilakukan survei baik terbuka maupun tertutup.

Kita lihat nanti, partai mana yang tertarik untuk meminang mantan anak buah Jokowi di Kabinet Kerja ini. Popularitas Anies dalam survei LSI tercatat 76,7 persen.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

Panglima TNI Temui Presiden Joko Widodo di Istana
Jenderal Gatot Nurmantyo (foto: Antara)

Siapa tak kenal jenderal tegas ini. Namanya begitu dikenal dikalangan militer bahkan rakyat sipil karena tiba-tiba diberhentikan oleh Jokowi pada Desember 2017 lalu, padahal masa pensiun di Maret 2018.

Entah apa yang sedang dikhawatirkan oleh Jokowi dari jenderal bintang empat ini. Apakah lantaran namanya digadang-gadang bakal mewarnai pilpres 2019 nanti oleh sejumlah kalangan yang dinilai bakal menjadi salah satu lawan berat Jokowi.

Sejumlah survei pun menyebut nama Gatot selalu muncul, baik sebagai presiden maupun wakil presiden. Bahkan dengan perolehan prosentasi suara yang cukup signifikan. Jenderal Gatot pun memperoleh popularitas survei LSI sebesar 56.5 persen.

Check Also

Nusron Giring Relawan Ahok Dukung Jokowi-Ma’ruf

JAKARTA, Waspada.co.id – Aktivis Nahdlatul Ulama (NU) Nusron Wahid mengklaim tengah mengupayakan dukungan dari jaringan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: