Home / Fokus Redaksi / Elezaro Duha, Tersangka ke-11 Mantan Anggota DPRD Sumut Yang Ditahan KPK
foto: merdeka

Elezaro Duha, Tersangka ke-11 Mantan Anggota DPRD Sumut Yang Ditahan KPK

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi akhirnya menahan eks anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) Elezaro Duha. Elezaro merupakan tersangka ke-11 yang sudah ditahan KPK.

Elezaro keluar dari Gedung KPK pada Selasa (7/8/2918) sudah mengenakan rompi tahanan warna oranye. Saat ditanya wartawan, ia enggan berkomentar. Tanpamemberi keterangan apa pun terkait kasusnya. Elezaro langsung masuk ke mobil tahanan.

“Tanya penyidik saja,” ujarnya.

Sementara, Kabiro Humas KPK Febri Diansyah memebenarkan penanhanan ini. Febri menjelaskan, Elezaro akan ditahan di rutan KPK cabang Pomdam Jaya Guntur. Penahanan dilakukan untuk 20 haei pertama.

“ELD (Elezaro Duha) ditahan 20 hari pertama di rutan cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur,” katanya.

Diketahui sebelumnya, hari ini seharusnya KPK memanggil 4 orang tersangka, yakni MDH (Musdalidah), TMP (Tahan Manahan Panggabean), dan PD (Pasiruddin Daulay). Namun ketiganya tak hadir.

KPK menetapkan 38 anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019 sebagai tersangka. Ke-38 orang itu diduga menerima suap dari Gatot Pujo. Dari jumlah tersebut, KPK telah menahan 9 orang tersangka.

Ke-38 orang itu diduga menerima duit suap dari Gatot Pujo senilai Rp 300-350 juta per orang. Suap dari Gatot itu diduga terkait persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut 2012-2014, persetujuan perubahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, pengesahan APBD Pemprov Sumut 2013 dan 2014, serta penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD Sumut tahun 2015.

Dari sejumlah tersangka, KPK menerima pengembalian uang sejumlah Rp 5,47 miliar. Uang itu kini telah disita sebagai barang bukti. (inilah/ags/data1)

Check Also

Inilah Provinsi Dengan Jumlah PNS Koruptor Terbanyak di Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, hingga kini masih 2.357 pegawai negeri sipil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: