_
Home / Warta / Mancanegara / Eks Pengacara Akui Trump Bayar Selingkuhan untuk Bungkam
Mantan kuasa hukum Presiden Donald Trump, Michael Cohen. (REUTERS/Brendan McDermid)

Eks Pengacara Akui Trump Bayar Selingkuhan untuk Bungkam

WASHINGTON, Waspada.co.id – Mantan kuasa hukum Presiden Donald Trump, Michael Cohen, mengaku kliennya membayar bintang porno, Stormy Daniels, supaya tutup mulut soal perselingkuhan. Dia mengatakan itu saat menjawab pertanyaan di depan Komite Pengawas Dewan Perwakilan Amerika Serikat.

Cohen mengatakan uang tutup mulut untuk Cohen berasal dari cek sebesar US$35 ribu, yang diteken oleh anak Trump, Donald Trump Jr., dan Kepala Staf Keuangan Trump Organization, Allen Wisselberg.

“Trump menandatangani cek sebesar US$35 ribu ketika dia sudah menjabat sebagai presiden sebagai uang tutup mulut yang saya bayar atas nama dia,” papar Cohen dalam kesaksiannya di depan Kongres pada Rabu (27/2).

“Sementara itu, cek lainnya untuk mengganti uang tutup mulut itu juga diteken oleh Donald Trump Jr. dan Allen Wisselberg,” katanya menambahkan.

Kesaksian Cohen membuka kemungkinan Trump Jr., bisa menghadapi tuntutan karena melanggar undang-undang keuangan kampanye.

Alan Futerfas, kuasa hukum Trump Jr., dan Trump Organization, tidak menanggapi kesaksian Cohen tersebut.

Dikutip Reuters, Cohen mengaku bersalah pada Agustus lalu atas pelanggaran kampanye. Dia diduga mengatur pembayaran uang tutup mulut Stephanie Clifford alias Stormy Daniels.

Selain Daniels, Trump juga disebut melakukan hal yang sama kepada mantan model majalah Playboy, Karen McDougal. Uang tutup mulut itu diberikan agar kedua perempuan itu tak mengungkap hubungan gelap dengan Trump saat kampanye pemilu 2016 lalu.

Cohen menuturkan Trump mengeluarkan uang pribadinya dari uang kredit ekuitas rumah untuk membayar Clifford. Hal itu disebut dilakukan Trump agar uang tutup mulut sulit dilacak kepemilikannya.

Dia mengaku Wisselberg mengetahui semua hal terkait uang tutup mulut itu, sementara Trump Jr., hanya mengetahui “secara sepintas.”

Cohen menjawab “ya” ketika ditanya apakah Trump Jr., dan Weisselberg terlibat dalam konspirasi kriminal terkait penipuan keuangan yang dirancang Trump.

Meski begitu, dia tidak bisa berkomentar lebih banyak soal itu karena masalah tersebut mungkin tengah menjadi bagian dari penyelidikan yang sedang berjalan.

Pengacara Trump saat ini, Rudy Giuliani, menganggap kesaksian Cohen adalah “sampah”.

Sementara itu, juru bicara kantor kejaksaan Washington, yang menuntut Cohen, menolak berkomentar apakah Trump Jr., bisa didakwa terkait pelanggaran tersebut.

“(Dakwaan) bergantung pada apa yang diketahui Trump Jr., tentang apa yang ia bayar dan kapan,” kata Wright. (cnn/pkl1)

Check Also

Ladang Minyak Saudi Diserang, Harga Minyak Melonjak Lebih dari 10%

RIYADH,Waspada.co.id – Harga minyak melonjak lebih dari 10 persen pada Senin (16/9) sebagai imbas dari keputusan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.