Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Merpati akan Dijual, Seluruh Karyawan Di-PHK
republika.co.id

Merpati akan Dijual, Seluruh Karyawan Di-PHK

JAKARTA, WOL -Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan akan segera memprivatisasi PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) yang saat ini sudah tidak memiliki aset sama sekali.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN Aloysius mengatakan, privatisasi Merpati guna menyelesaikan nasib para karyawan maskapai pelat merah tersebut.

“Kita sebentar lagi ada PMN, itu dari PPA, itu normatif sampai Rp500 miliar. Itu untuk right sizing termasuk penyelesaian karyawan,” kata Aloy di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (10/11).

Usai melakukan privatisasi Merpati, pihak Kementerian BUMN juga akan mengundang para calon investor baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Yang mana, investor baru ini akan menyelesaikan nasib para karyawan Merpati.

“Hak normatif karyawan itu senilai Rp1,4 triliun. Kita harus negosiasi. Yang penting gaji terutang kita selesaikan kalau pesangon kita bicarakan dengan calon investor,” tambahnya.

Lanjut Aloy, usai melakukan privatisasi, Merpati juga akan muncul kembali sebagai perusahaan baru dengan para pegawai yang baru, artinya para pegawai yang ada saat ini akah segera diberhentikan seluruhnya.

“Iya semua di PHK, dia seperti lahir kembali. Nanti dia punya hak untuk diminta kembali masuk atau diwawancarai bila Merpati sudah sehat,” ujarnya.

Mengenai investor, Aloy mengungkapkan, akan diundang pada kuartal pertama 2016. Investor tersebut dipastikan investor baru yang selama ini tidak masuk ke privatisasi.

“Investor yang masuk siap mengusahakan, mereka lihat nama Merpati. Kita nggak ingat invest. Kita mayoritas, enggak masalah yang penting Merpati hidup kembali,” tandasnya.(hls/data1)

Check Also

Debat Ketiga Pilgubsu: DJOSS Siap Tingkatkan Kepercayaan Investor

MEDAN, Waspada.co.id – Pasangan calon (Paslon) Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus siap untuk mempermudah perizinan para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: