Breaking News
Home / Warta / Politik / Efek Buruk Pidato Viktor Bakal Berimbas ke NasDem
Istimewa
Istimewa

Efek Buruk Pidato Viktor Bakal Berimbas ke NasDem

JAKARTA, WOL – Pidato politikus Nasdem Victor Bungtilu Laiskodat di depan konstituennya yang menjelekan Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat sebagai pendukung kaum intoleran dinilai bisa berimbas negatif kepada partainya.

Sebab, kasus serupa yang pernah menimpa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya kemiripan dengan kasus ini. Dimana pernyataan Ahok yang menyudutkan satu golongan membuat dia mendekam di dalam penjara.

Nah, hal yang sama diduga juga akan menimpa Partai NasDem. Masyarakat dinilai tidak lagi menaruh simpati kepada partai atas ucapan yang disampaikan oleh Viktor.

“(Pernyataan) Dia berpotensi atau berdampak kepada Partai Nasdem. Seperti Ahok yang kerjanya (sebagai Gubernur DKI Jakarta) baik malah game over,” kata Pengamat Politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara, di Jakarta, Minggu (6/8) malam.

Seharusnya, kata dia, Viktor bisa belajar dari kasus yang pernah menimpa Ahok. Orang yang pernah didukung dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2017 harus menerima kekalahan dan mendekam di jeruji besi karena mengusik dan menyudutkan suatu kelompok.

“Jadi kalau dilihat oleh figur ini, apa yang diatakan Laiskodat berlebihan dan tidak pas bagi seorang elit politik yang seharusnya menjaga keseragaman sebagai selogannya mereka

Diketahui di dalam video yang tersebar, Viktor berbicara di sebuah mimbar. Dia menyebut empat partai yakni Partai Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Demokrat sebagai partai politik yang mendukung negara khilafah dan mengancam keutuhan NKRI.

Hal ini berkaitan dengan sikap keempat partai yang tidak mendukung Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Viktor dilaporkan ke pihak kepolisian. Dia dilaporkan karena diduga melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik dan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2), Pasal 4 dan 5 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. (inilah/ags)

Check Also

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak (foto: ist)

Stop Perilaku Intoleran Elit Politik!

JAKARTA, WOL – Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak meminta elite politik ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.