Home / Warta / Mancanegara / Duterte Sebut Kim Jong-un Sebagai “Pahlawan Semua Orang”
(Foto: EPA)

Duterte Sebut Kim Jong-un Sebagai “Pahlawan Semua Orang”

agregasi
agregasi

 

MANILA – Hasil KTT antar-Korea yang dinilai sukses mendorong proses perdamaian di Semenanjung Korea mendapat pujian dari banyak pihak, termasuk Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. Mantan walikota Davao yang sebelumnya menyebut Kim Jong-un sebagai “orang bodoh” itu kini balik memuji pemimpin Korea Utara itu sebagai “pahlawan semua orang” menyusul janji Kim untuk mengupayakan denuklirisasi total di Semenanjung Korea.

Duterte mengatakan dia akan memberi selamat kepada Kim yang baru saja menjadi “idolanya” jika mendapatkan kesempatan untuk bertemu. Dia mengatakan bahwa dia mengagumi Kim karena tahun kapan harus melakukan tindakan.

“”Sepanjang waktu, dia digambarkan menjadi anak nakal dari komunitas. Dengan satu langkah luar biasa, dia sekarang adalah pahlawan semua orang,” kata Duterte dalam konferensi pers sepulang dari KTT ASEAN di Singapura sebagaimana dilansir AFP, Senin (30/4/2018).

“Dia tampaknya ramah, riang orang baik, dan sangat akomodatif,” jelas Duterte tentang Kim.

Duterte telah berulangkali mengkritik Kim terkait ambisi nuklirnya. Pada April tahun lalu ia mempertanyakan kewarasan Kim dan mendesak Amerika Serikat untuk menahan diri dan tidak terpancing oleh seorang pria yang “ingin mengakhiri dunia” – merujuk pada Kim.

Beberapa bulan kemudian, Duterte menyebut Kim sebagai “orang bodoh” dan mengecam Kim karena “bermain dengan mainan berbahaya”.

Namun, pada KTT antar-Korea pekan lalu, Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in sepakat untuk mengupayakan tujuan bersama yaitu Semenanjung Korea yang bebas dari senjata nuklir. Keduanya juga menyatakan bahwa mereka akan melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat dan China tahun ini untuk mengumumkan berakhirnya Perang Korea dan membuat sebuah perjanjian damai permanen.

“Dia (Kim) bisa memperlakukan saya sebagai temannya … Dampaknya benar-benar, sekarang ada lebih sedikit tekanan di Semenanjung Korea. Dan mungkin, mungkin saja, kita bisa menghindari perang yang tidak bisa dimenangkan siapa pun,” kata Duterte.

Check Also

Korea Selatan dan AS Mulai Pecah Kongsi soal Korea Utara

Waspada.co.id – Aliansi Korea Selatan dan AS semakin merenggang, bahkan kedua negara ini bergerak menuju ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: