Home / Warta / Mancanegara / Duterte: Filipina Lebih Baik Diperintah Diktator
Duterte Sebut Filipina Lebih Baik Dipimpin Diktator Rodrigo Duterte menganggap jika bukan dia, Filipina lebih baik dipimpin seorang ditaktor lantaran korupsi dan perdagangan narkoba masih membudaya di negara itu. (Reuters/Erik De Castro)

Duterte: Filipina Lebih Baik Diperintah Diktator

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Rodrigo Duterte menganggap jika bukan dia, Filipina lebih baik dipimpin oleh seorang ditaktor. Duterte mengatakan, korupsi dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang sudah begitu parah di negeri itu, sehingga, jika tidak lagi memerintah sebaiknya Filipina diperintah seorang diktator seperti mendiang Ferdinand Marcos.

Dalam pidatonya pada Kamis (30/8), Duterte mengulangi niatnya untuk lengser sebelum masa jabatannya habis pada 2022.

Namun, dia merasa ragu menyerahkan tongkat kekuasaan kepada wakil presiden Leni Robredo yang dipilih secara terpisah dan bukan merupakan pasangan saat mencalonkan diri. Selama ini, Robredo menjadi salah satu penentang keras kebijakan perang melawan narkoba yang dikobarkan Duterte.

baca: Duterte Mundur Jika Anak Eks Presiden Marcos Jadi Penerusnya

Sementara, Duterte mengatakan, akan terjadi kekacauan jika pemberantasan narkoba ini dihentikan dan Filipina hanya bisa berada di jalurnya jika dikendalikan seorang diktator. “Kalian sebaiknya memilih seorang diktator seperti Marcos, itu pendapat saya.

Secara konstitusi, seharusnya Robredo (menjadi presiden). Tetapi dia tidak akan mampu,” ujar Duterte. Duterte yang tidak menutupi kekagumannya terhadap Marcos memicu kontroversi, apalagi banyak warga Filpina yang masih mengingat brutalnya pemerintahan sang diktator yang digulingkan pada 1986.

Selama dua dekade Marcos berkuasa, ribuan orang ditangkap, disiksa, dibunuh atau menghilang di bawah undang-undang darurat yang diberlakukan pada 1970-an. Apalagi kini keluarga Marcos masih cukup berpengaruh di dunia politik.

baca: Duterte Hancurkan Puluhan Mobil Mewah Selundupan ke Filipina

Sebut saya sang janda, Imelda Marcos yang kini menjadi anggota Kongres. Putra Marcos, Ferdinand Marcos Jr alias Bongbong juga pernah menjadi senator dan kalah dari Robredo dalam pemilihan wakil presiden pada 2016.

Sementara putri sang diktator, Imee Marcos (62) kini menjabat sebagai gubernur provinsi Illocos Norte. Imee bahkan kemungkinan besar akan mencalonkan diri sebagai anggota senat tahun depan. Dia juga kerap terlihat dalam berbagai acara yang dihadiri Duterte meski tak memiliki jabatan dalam pemerintahan Duterte. (wol/kcm)

Check Also

Duterte: Tuhanmu Bukan Tuhanku, Tuhanmu Bodoh….

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali meluncurkan kritikan soal Tuhan ketika menyindir berbagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: