Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / Duterte Berharap Dapat Berteman dengan Trump dan Putin
foto: businessinsider.com
foto: businessinsider.com

Duterte Berharap Dapat Berteman dengan Trump dan Putin

agregasi
agregasi

 

MANILA – Bukan rahasia lagi jika Presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte, merupakan seorang penggemar Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald John Trump. Mantan Wali Kota Davao itu mengaku bahwa mereka berdua nantinya bisa menjadi teman dekat karena memiliki kemiripan.

“Sebuah kemenangan yang pantas. Anda adalah presiden terpilih dari sebuah negara kuat. Kita tidak memiliki perselisihan apa pun. Saya selalu bisa menjadi teman bagi siapa saja, terutama seorang presiden atau pemimpin negara lain,” tutur Duterte, seperti dimuat USA Today, Rabu (16/11/2016).

Pria berusia 71 tahun itu beralasan, Donald Trump tidak akan mencampuri urusan hak asasi manusia (HAM) di Filipina seperti halnya Barack Obama. Sebagaimana diketahui, kedua pemimpin tersebut sempat terlibat perseteruan terkait perang narkoba ala Duterte yang telah menewaskan sekira 2.300 orang sejak naik jabatan pada Juni 2016.

Mantan pengacara itu juga berharap dapat berteman dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Keduanya dijadwalkan menghadiri KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Peru pekan depan. Duterte berharap dapat melakukan pertemuan dengan Grey Cardinal di sela-sela KTT. Ia sangat berharap Filipina dan Rusia dapat menjadi sahabat baik di masa depan.

Rodrigo Duterte sempat mengindikasikan akan memutus aliansi Filipina dengan AS dan beralih ke Rusia serta China. Akan tetapi, kemenangan orang yang ia idolakan yakni Donald Trump, membuat Duterte mengurungkan niat tersebut.

Check Also

Istimewa

Trump Perpanjang Kesepakatan Nuklir dengan Iran

WASHINGTON,WOL – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mundur dari janji kampanye untuk membatalkan kesepakatan nuklir ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.