Home / Warta / Mancanegara / Duterte Akui Jalani Pemeriksaan Kolonoskopi
Presiden Filiphina, Rodrigo Duterte (AFP Photo/Noel Celis)

Duterte Akui Jalani Pemeriksaan Kolonoskopi

MANILA, Waspada.co.id – Presiden Filiphina, Rodrigo Duterte, mengakui bahwa belakangan ini ia menjalani sejumlah pemeriksaan medis di rumah sakit, termasuk kolonoskopi, untuk menjawab pertanyaan publik atas ketidakhadirannya dalam beberapa kesempatan penting.

Duterte mengatakan bahwa ia menjalani tes endoskopi dan kolonoskopi di Pusat Medis Cardinal Santos (CSMC), San Juan City, beberapa hari lalu, tepatnya tiga minggu setelah ia menjalani pemeriksaan serupa.

“Tiga pekan lalu saya menjalani endoskopi dan kolonoskopi. Seharusnya saya ikut rapat kabinet, tapi setelah melihat hasil tes saya, seseorang menyarankan agar dokter mengulangi tes itu dan mengambil sampel,” ujar Duterte, Kamis (4/10).

Ia mengaku menghabiskan waktu sekitar satu jam di CSMC. Namun, Duterte belum bisa memastikan kondisi kesehatannya.

“Saya tidak tahu kondisi sebenarnya tubuh saya sekarang ini, tapi saya harus menunggu. Namun, saya akan memberi tahu. Jika kanker, saya katakan kanker. Jika sudah stadium tiga, tidak perlu lagi perawatan,” katanya, sebagaimana dikutip Reuters.

“Saya tidak akan memperpanjang keraguan dalam pemerintahan ini dan yang lainnya.”

Dikenal sebagai sosok dengan jadwal padat dan pidato yang panjang, kondisi kesehatan Presiden Filiphina berusia 73 tahun ini mulai menjadi perhatian publik setelah kerap absen dalam sejumlah kesempatan penting.

Rumor bahwa kondisi kesehatannya memburuk pun mulai merebak. Setelah lawatannya ke Israel dan Yordania pada bulan lalu, misalnya, kulitnya tampak pucat.

Namun, Duterte berkilah bahwa kulitnya terbakar karena terlalu lama terpapar sinar matahari di gurun.

Rumor mengenai kesehatannya ini sebenarnya sudah mulai merebak sejak tahun lalu, ketika para anggota parlemen khawatir karena Duterte pernah mengaku harus mengonsumsi obat penahan rasa sakit yang biasa digunakan pengidap kanker, fentanyl.

Menampik mengidap kanker, Duterte menjelaskan bahwa obat itu digunakan untuk mengurangi rasa sakit di tulang belakangnya akibat kecelakaan berkendara di masa silam. (cnn/data2)

Check Also

Stand Pedagang Semarakkan MTQN Ke-XXVII

MEDAN, Waspada.co.id – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXVII Tingkat Nasional, Minggu (7/10) malam nanti resmi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: