Home / Warta / Politik / Dua Sosok Tepat Bisa Jadi Pendamping Jokowi Berdasarkan Pilihan JK
foto: antara

Dua Sosok Tepat Bisa Jadi Pendamping Jokowi Berdasarkan Pilihan JK

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Politikus senior Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK), menyatakan mendukung Joko Widodo (Jokowi) kembali maju di Pemilihan Presiden 2019. Ia juga turut menyoroti sosok-sosok yang tepat mendampingi Jokowi sebagai calon wakil presiden (cawapres) di perhelatan akbar politik lima tahunan tersebut.

JK menyodorkan sejumlah kriteria ideal cawapres untuk Jokowi pada pesta demokrasi tahun depan. Dia membaginya dalam dua kriteria pokok.

“Ada dua kriteria pokok (sosok cawapres Jokowi). Pertama, bisa menambah elektabilitas. Artinya, tidak mengikuti elektabilitas Jokowi, tapi menambah konstituen, dan harus baik, serta ada pemilihnya,” kata JK di sela Rapimnas I Institut Lembang Sembilan (IL-9), di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2018).

Kemudian yang kedua, lanjut JK, sosok cawapres Jokowi mesti bisa menjadi presiden di masa selanjutnya.

“Dari enam presiden, ada dua yang (sebelumnya) jadi wakil presiden: Bu Mega dan Pak Habibie. Artinya, tokoh itu harus matang. Karena kalau tidak siap bagaimana? Harus bisa memiliki pengalaman pemerintah,” jelas JK.

JK pun menegaskan tidak ingin mempengaruhi Jokowi terkait sosok cawapres yang patut mendampingi di Pilpres 2019. Semua cawapres yang nantinya dipilih boleh saja berasal dari berbagai kalangan.

“Ya terserah mau birokrat, mau politisi,” terang JK.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menegaskan tidak akan kembali maju di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Ia menyatakan memberi kesempatan kepada tokoh yang lebih muda untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi).

Kendati demikian, JK mengungkapkan tetap mendukung Jokowi bila kembali maju menjadi calon presiden dalam Pilpres 2019. Pasalnya, usia Jokowi masih muda dan memiliki kapasitas mengelola negara.

“Pak Jokowi kan masih muda dibanding saya, otomatis dukung Beliau maju. Tentu kita mendukung Beliau. Bagaimana caranya, nanti kita lihat,” ucapnya di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Check Also

Kunjungi Pasar Sangkumpal Bonang Sidimpuan, Ini Janji Sandiaga Uno

P. SIDIMPUAN, Waspada.co.id – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, Senin (10/12), di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: