_
Home / Warta / Politik / DPR Sahkan Pansus Pemindahan Ibu Kota Dalam Rapat Paripurna
DPR sahkan pansus pemindahan ibu kota (Foto: Okezone.com/Harits)

DPR Sahkan Pansus Pemindahan Ibu Kota Dalam Rapat Paripurna

JAKARTA – Dalam Rapat Paripurna ke-8 masa persidangan I tahun 2019-2020, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan pembentukan Panitia Khusus (pansus) pemindahan Ibu Kota.

Selaku pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyatakan pembentukan pansus sebagai respons atas surat Presiden Joko Widodo alias Jokowi terkait rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

“DPR harus membuat respons terhadap surat presiden yang melampirkan semacam studi pemindahan ibu kota lalu mekanismenya apa, agar semua fraksi terlibat maka mekanismenya dibentuklah Pansus,” kata Fahri di ruang rapat paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Namun, di tengah pembahasan pansus di rapat paripurna, interupsi datang dari anggota fraksi PKS Refriza. Dia menolak Ibu Kota dipindahkan ke Kalimantan Timur. Alasannya, dia memandang pemerintah belum jelas terkait proses rencana pemindahan Ibu Kota tersebut.

“Setahu saya, jalan kereta api yang dibangun di Sulawesi Selatan juga belum selesai ini mau bangun ibu kota baru. Ini harus jelas Pak Ketua. Saya menolak pemindahan Ibu Kota. Jangan sampai kita punya dua ibu kota, sekali lagi saya menolak pemindahan ibu kota,” papar Refriza.

Namun interupsi tersebut nampaknya tidak digubris mayoritas anggota dewan yang hadir. Pembentukan Pansus pemindahan ibu kota pun tetap disepakati.

Lantas, Fahri pun melontarkan pertanyaan kepada anggota dewan dalam rapat terkait pengesahan anggota pansus pemindahan ibu kota yang akan berisikan 30 orang.

“Bisa kita sepakati ya?,” tutup Fahri yang dijawab sepakat oleh anggota dewan yang hadir.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR, Zainudin Amali mengatakan target kerja pansus selesai pada 30 September 2019 atau akhir massa jabatan anggota DPR. Selesai atau tidaknya tugas pansus akan dilaporkan ke pimpinan DPR.

“Ya, paling batas akhirnya 30 September 2019. Selesai tidak kami harus beri laporan kepada pimpinan DPR yang memberikan tugas kepada kami. Kalau sampai 30 September 2019 kami belum selesai bekerja, tentu kami melaporkan kepada pimpinan yang memberikan tugas kepada pansus, dan pimpinan akan melaporkan kepada periode yang berikutnya. Kan itu bisa dilanjutkan,” tutur dia.

Ada 30 nama anggota Pansus pemindahan ibu kota. Namun Fraksi Demokrat belum menyerahkan nama anggotanya.

Berikut nama-nama anoota Pansus Pemindahan Ibu Kota :

Fraksi PDI Perjuangan:

1. Charles Honoris

2. Ihsan Yunus

3. Adisatrya Suryo Sulisto

4. Indah Kurnia

5. Vanda Sarundajang

6. Arteria Dahlan

Check Also

Tak Masuk Daftar Top 10 Muslim Paling Berpengaruh, Jokowi Peringkat 13 – Mahathir Peringkat 42

Waspada.co.id – Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam di Amman, Yordania baru saja merilis buku publikasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.