Home / Warta / Indonesia Hari Ini / DPR RI Dukung Upaya Pemerintah Dampingi Palestina
Istimewa

DPR RI Dukung Upaya Pemerintah Dampingi Palestina

JAKARTA, WOL – DPR RI dan organisasi Islam mendukung Presiden Joko Widodo menolak keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Dan para pemimpin negara-negara Islam yang bertemu di Istanbul, Turki,  pada awal bulan ini juga mendesak Amerika Serikat (AS) mencabut keputusan yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan menerima Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

Pertemuan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul tersebut memutuskan bahwa pernyataan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem itu adalah pengingkaran peran AS sebagai mediator perdamaian di wilayah tersebut.  Pertemuan  tersebut juga menjadi ajang untuk menggemakan persatuan membela Palestina.

“OKI kembali memanggil negara-negara yang belum mengakui Negara Palestina untuk segera melakukannya seperti mengkonsolidasikan pembentukan solusi dua negara, untuk terciptanya keadilan dan legitimasi internasional,” demikian disampaikan Sekretaris Jenderal OKI, Yousef Al-Othaimeen, dalam siaran persnya.

Hal senada disampaikan Presiden Jokowi di hadapan 56 kepala negara dan pemerintahan negara-negara OKI.

“Pengakuan ini tidak dapat diterima. Sekali lagi, pengakuan Presiden Trump tidak dapat diterima dan harus dikecam secara keras,” katanya seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

“OKI harus secara tegas menolak pengakuan unilateral tersebut. Two-state solution adalah satu-satunya solusi dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina,” ujarnya.

Menanggapi perihal tersebut anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon mengatakan DPR mendukung upaya pemerintah untuk berjuang mendampingi Palestina.

“Sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar, kita mengedepankan kemerdekaan hak segala bangsa. Demikian pula kebijakan negara yang tak mengakui negara Israel atau zionis,” katanya di Jakarta, Jumat (14/12).

Indonesia juga mengikuti resolusi dan konvensi internasional tentang keberadaan Yerusalem yang tidak bisa dikuasai oleh satu pihak saja.”

“Yakin perjuangan pemerintah di KTT OKI dapat memberikan dampak untuk meninjau kembali kebijakan Trump atas pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel karena hal itu dapat membuat suasana dunia tidak kondusif,” lanjutnya.

“Karena ini bukan masalah agama saja, tapi masalah hak-hak dasar sebuah bangsa,” pungkasnya.(wol/rls/data1)

Check Also

Lagi, Penampilan Melania Trump saat Berkebun Tuai Kontroversi

WASHINGTON, Waspada.co.id – Ibu Negara Amerika Serikat, Melania Trump selalu berpenampilan modis, tak jarang tubuhnya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: