Home / Warta / Politik / DPR Minta Payung Hukum Turunan UU Terorisme Segera Diterbitkan
Foto: Okezone

DPR Minta Payung Hukum Turunan UU Terorisme Segera Diterbitkan

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya menyetujui revisi Undang-undang Nomor 15 Tahun 2003 Tentang Tindak Pidana Terorisme untuk disahkan menjadi undang-undang.

Ketua Pansus Revisi UU Terorisme Muhammad Syafii mengungkapkan, setelah disahkan UU Terorisme membutuhkan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai payung hukum turunan.

Syafii mengatakan, DPR akan mengamanatkan pemerintah PP dikeluarkan paling lambat 100 hari setelah disahkan. Tak hanya itu, UU Terorisme ini juga diperlukan Peraturan Presiden (Perpres) untuk mengatur soal pasal pelibatan TNI dalam menanggulangi terorisme.

“Khusus tentang pelibatan TNI tidak melalui Peraturan Pemerintah tapi Perpres,” kata Syafi’i di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2018).

RUU Terorisme

Dalam penyusunan Perpres, DPR meminta pemerintah menyusun aturan tersebut dengan mengacu pada UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan UU Pertahanan Negara. Selain itu, lanjut Syafii presiden harus berkonsultasi dengan DPR dalam proses mengeluarkan Perpres. Dan terakhir, penyusunan Perpres maksimal satu tahun setelah UU disahkan.

“Penyusunan mengacu UU TNI, UU Pertahanan Negara UU nomor 2002, itu rujukan Perpres,” terang Syafii.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengungkapkan Perpres untuk mengatur pelibatan TNI akan dikeluarkan segera oleh Presiden Joko Widodo sehabis Hari Raya Idul Fitri 2018.

“Segera, segera. Abis hari raya lah,” ucap Yasonna.

Terorisme

Menurut Yasonna, dalam penyusunannya unsur pemerintah seperti Kementerian Pertahanan, Kemenkopolhukam, Kemenkumham, TNI, Polri serta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan dilibatkan.

“Kita dengar dulu semua. Kita juga nanti konsul ke teman-teman di DPR lah,” pungkas Yasonna.

Check Also

Mendagri Yakin Kepala Daerah Terpilih Punya Integritas

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengingatkan kepada kepala daerah gubernur dan wakil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: