Breaking News
_
Home / Warta / Politik / DPR: Isu Pekerja Ilegal China Perlu Perhatian Khusus
Istimewa

DPR: Isu Pekerja Ilegal China Perlu Perhatian Khusus

JAKARTA, WOL – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah untuk tidak menyepelekan isu soal tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal China di Indonesia.

Pasalnya, isu TKA ilegal asal China sangat berkaitan dengan aspek ekonomi, politik dan keamanan di Indonesia.

“Isu soal buruh asing ilegal asal China perlu mendapat perhatian khusus karena isu itu terkait dengan tiga soal sekaligus, yaitu soal ekonomi, politik dan keamanan,” ujarnya, Minggu (1/1) malam.

Ia menjelaskan, meski investor China menempati urutan ke-9 negara dengan investasi terbesar di Indonesia, namun tenaga kerja asal China di Indonesia dinilai mendominasi.

“Pemerintah tak boleh menggampangkan isu ini menjadi semata-mata soal angka atau ekonomi,” jelasnya.

Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki sejarah konflik etnis China. Sehingga isu mengenai TKA ilegal asal China menjadi isu sangat sensitif yang dikhawatirkan menimbulkan gesekan.

Terlebih lagi beberapa kasus belakangan ini kerap ditemukan pekerja asing asal China yang telah melanggar peraturan izin di Indonesia. Seperti halnya kasus penerobosan area militer TNI AU di Halim Perdanakusuma oleh warga negara China, serta pekerja asal China yang ditemukan di sejumlah daerah yang tak memiliki izin tinggal.

“Soal tenaga kerja asing ilegal asal China ini akhirnya telah menjadi isu keamanan yang serius. Jangan lupa, soal keamanan ini bukan hanya bersifat militer, tapi juga non-militer,” tambahnya.(inilah/ags/data1)

Check Also

Profil Ketua MPR Bambang Soesatyo, Jadi Wartawan hingga Berbisnis

  JAKARTA – Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo resmi menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.